kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45672,14   1,07   0.16%
  • EMAS916.000 -1,08%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Xi Jinping: China harus mempersiapkan skenario terburuk


Kamis, 09 April 2020 / 08:55 WIB
Xi Jinping: China harus mempersiapkan skenario terburuk
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping. REUTERS/Aly Song

Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Xi Jinping, sekretaris jenderal Komite Komunis China Central Committee, mengatakan China harus sepenuhnya siap menghadapi perubahan dari lingkungan eksternal untuk waktu yang cukup lama mengingat penyebaran COVID-19 yang terus berlanjut secara global dan ekonomi dunia mengalami tekanan hebat.

Melansir China Daily, meski China membuat kemajuan lebih lanjut dalam pengendalian pandemi dengan percepatan pemulihan ekonomi dan sosial, negara itu masih menghadapi tekanan yang semakin besar dari infeksi impor dan tantangan baru dalam melanjutkan kembali pekerjaan dan produksi. Itu sebabnya, Xi mendesak agar China menyiapkan skenario terburuk.

Xi membuat pernyataan sambil menyampaikan pidato pada pertemuan Komite Tetap Biro Politik Komite Pusat CPC.

Baca Juga: Sebut Xi Jinping sebagai badut yang haus kekuasaan, taipan China ditangkap

Berdasarkan sebuah pernyataan yang dirilis,  pertemuan tersebut menganalisis situasi COVID-19 dan kinerja ekonomi di dalam dan luar negeri, membuat pengaturan baru dalam pelaksanaan pencegahan pandemi reguler dan langkah-langkah pengendalian dan dimulainya kembali pekerjaan yang sepenuhnya maju.

Xi juga mendesak upaya untuk mempercepat pemulihan komprehensif dalam pekerjaan dan kehidupan, menyelesaikan kesulitan dan masalah selama proses dan membatasi kerusakan yang disebabkan oleh pandemi seminimal mungkin dengan tetap berpegang pada langkah-langkah pencegahan reguler.

"Langkah-langkah pengendalian pandemi yang lebih bertarget dan efektif harus diadopsi tepat waktu untuk menjaga terhadap infeksi impor atau rebound dalam infeksi domestik," katanya.

Baca Juga: Dikritik Trump karena terlalu fokus ke China, ini pembelaan bos WHO

Di provinsi Hubei dan Wuhan, upaya harus terus fokus pada penyelamatan pasien dalam kondisi kritis, kata Xi. Selain itu, langkah-langkah pengendalian di masyarakat harus ditingkatkan lebih lanjut untuk menjamin keselamatan.

Otoritas lokal, terutama di provinsi yang berbatasan dengan Hubei, harus memperkuat komunikasi dan berbagi informasi dan meningkatkan koordinasi pada langkah-langkah pencegahan untuk memastikan konsistensi dalam kontrol personel dan saling mengakui kode kesehatan, katanya.

Baca Juga: Terlalu fokus ke China, Donald Trump ancam tahan dana untuk WHO



TERBARU

[X]
×