kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,64   6,79   0.75%
  • EMAS1.395.000 0,87%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Xi Jinping: China Sangat Sedih dengan Situasi Gaza yang Parah


Kamis, 30 Mei 2024 / 09:04 WIB
Xi Jinping: China Sangat Sedih dengan Situasi Gaza yang Parah
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa China sangat sedih dengan situasi yang sangat parah di Gaza. MARK R. CRISTINO/Pool via REUTERS


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping mengatakan kepada rekannya dari Mesir pada hari Rabu (29/5/2024) bahwa China sangat sedih dengan situasi yang sangat parah di Gaza. 

Mengutip AFP, hal tersebut diungkapkan Xi saat Beijing menjadi tuan rumah bagi kedatangan Abdel Fattah al-Sisi dan beberapa pemimpin Arab lainnya.

Pembicaraan antara Xi, Sisi dan pejabat Arab lainnya di China pada minggu ini bertujuan untuk membangun konsensus antara Beijing dan negara-negara Arab, serta menghadirkan “suara bersama” mengenai konflik antara Israel dan Hamas.

China memiliki hubungan baik dengan Israel namun telah mendukung perjuangan Palestina selama beberapa dekade dan telah mengkampanyekan solusi dua negara terhadap konflik Israel-Palestina.

“Konflik Palestina-Israel saat ini telah menyebabkan banyak korban warga sipil Palestina yang tidak bersalah dan situasi kemanusiaan di Gaza sangat parah. China sangat sedih,” kata Xi kepada Sisi di Beijing, menurut stasiun televisi negara CCTV.

Xi menambahkan, tugas prioritas utama saat ini adalah gencatan senjata segera, untuk menghindari meluasnya konflik, yang bisa berdampak pada perdamaian dan stabilitas regional, dan untuk mencegah krisis kemanusiaan yang lebih serius.

Baca Juga: Jaringan Kemanusiaan Terbesar Dunia Serukan Gencatan Senjata di Gaza

Mesir, bersama dengan Qatar dan Amerika Serikat, selama berbulan-bulan telah terlibat dalam perundingan yang bertujuan untuk mengamankan gencatan senjata abadi antara Israel dan Hamas, disertai dengan pembebasan sandera yang diculik oleh kelompok militan Palestina.

“China menghargai peran penting yang dimainkan Mesir dalam meredakan situasi dan memberikan bantuan kemanusiaan,” kata Xi.

Dia mengatakan China siap bekerja sama dengan Mesir untuk terus membantu masyarakat Gaza dan mendorong penyelesaian masalah Palestina secara dini, komprehensif, adil dan langgeng.

Israel butuh rencana pascaperang

Sementara itu, Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan pada hari Rabu bahwa Israel memerlukan rencana pascaperang sesegera mungkin setelah seorang pejabat senior Israel memperkirakan bahwa pertempuran di Gaza akan berlangsung hingga akhir tahun.

“Jika tidak ada rencana untuk hari berikutnya, maka tidak akan ada hari berikutnya. Dan inilah yang harus kita tuju, dan (apa) yang perlu kita capai, secepat mungkin,” kata Blinken kepada wartawan saat berkunjung ke Moldova.

Rencana seperti itu, jelasnya, akan memastikan bahwa Israel tidak mengendalikan keamanan Gaza dalam jangka panjang.

“Jika ya, maka sejauh yang bisa kita lihat di masa depan, mereka hanya akan menghadapi pemberontakan yang berkepanjangan,” kata Blinken.

Baca Juga: Israel Tidak Mengakui Serangan Terhadapa Kamp Pengungsi Palestina di Dekat Rafah

“Atau jika tidak, Hamas akan tetap memegang kendali, dan hal ini tidak dapat diterima. Atau jika tidak, kita akan mengalami kekacauan, pelanggaran hukum dan kekosongan yang pada akhirnya akan diisi kembali oleh Hamas atau mungkin sesuatu, jika bisa dibayangkan, bahkan lebih buruk lagi – para jihadis,” tambahnya lagi.

Penasihat Keamanan Nasional Israel Tzachi Hanegbi mengatakan sebelumnya bahwa militer memerlukan tujuh bulan lagi untuk mengkonsolidasikan keberhasilan mereka melawan Hamas.

Presiden Joe Biden mendukung tanggapan Israel terhadap serangan Hamas pada 7 Oktober, tetapi menyerukan Israel untuk berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil. Biden menghadapi tekanan yang semakin besar ketika ia berupaya untuk terpilih kembali pada bulan November.

Blinken mengatakan bahwa serangan Israel pada akhir pekan yang memicu kebakaran di kamp pengungsi di luar Rafah, yang menewaskan 45 orang menurut pejabat Palestina, adalah insiden “mengerikan.”

“Kami sudah sangat jelas dengan Israel mengenai pentingnya – dalam hal ini dan dalam kasus lainnya – untuk segera menyelidiki dan menentukan dengan tepat apa yang terjadi dan mengapa hal itu terjadi, dan apakah akuntabilitas diperlukan untuk memastikan adanya akuntabilitas,” kata Blinken.

Dia mengatakan dia tidak dapat memverifikasi laporan bahwa senjata AS digunakan dalam serangan itu.




TERBARU

[X]
×