kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping Dituntut Mundur, China Isyaratkan Tak Ada Perubahan Kebijakan Nol-Covid-19


Selasa, 29 November 2022 / 08:54 WIB
Xi Jinping Dituntut Mundur, China Isyaratkan Tak Ada Perubahan Kebijakan Nol-Covid-19
ILUSTRASI. China telah mengisyaratkan akan tetap berpegang pada kebijakan nol-Covid-19 yang sudah lama berlaku. ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. China telah mengisyaratkan akan tetap berpegang pada kebijakan nol-Covid-19 yang sudah lama berlaku, meskipun demonstrasi massa pecah di seluruh negeri. Aksi unjuk rasa terjadi dipicu oleh tindakan kebijakan nol-Covid-19 yang keras. 

Beberapa kelompok pengunjuk rasa secara terbuka menyerukan agar Presiden Xi Jinping segera mundur.

Melansir The Straits Times, gelombang aksi protes yang belum pernah terjadi sebelumnya menyebar ke Shanghai serta universitas di beberapa kota, termasuk Beijing dan Nanjing.

Dan dalam contoh protes publik yang jarang terjadi terhadap kepemimpinan China, sebuah video menunjukkan kerumunan pengunjuk rasa yang berteriak: “Turunkan Partai Komunis, turunkan Xi Jinping!”

Dalam tajuk rencana halaman depan pada hari Minggu, media milik Partai Komunis People's Daily mengatakan China akan "tetap bertahan" dalam kebijakan Covid-19. Selain itu, kemenangan hanya akan dicapai dengan bertahan sampai akhir.

Tajuk rencana tersebut menekankan untuk memperbaiki sikap yang salah, termasuk meremehkan masalah, ketidakpedulian, dan merasa benar sendiri.

Baca Juga: Pengunjuk Rasa COVID-19 di China Membawa Lembaran Kertas Kosong, Apa Artinya?

Artikel itu mengatakan: "Kebijakan pencegahan dan pengendalian kami dapat bertahan dalam ujian sejarah... (dan mereka) ilmiah dan efektif... Tidak ada keraguan tentang ini, dan kami harus memiliki keyakinan penuh dalam hal ini."

Namun setelah hampir tiga tahun pandemi, banyak warga China yang muak dengan kebijakan Covid-19 yang telah memukul mundur perekonomian dan membuat banyak orang terkurung di rumah.

Sejak akhir pekan lalu, demonstrasi massal pecah di kota-kota besar, termasuk Shanghai, Beijing, Nanjing, Wuhan, Urumqi, dan lainnya.

Protes hari Minggu pecah setelah terjadi kebakaran apartemen tiga hari sebelumnya di Urumqi, ibu kota wilayah Xinjiang China. Kejadian itu menewaskan 10 orang dan melukai sembilan lainnya.

Pemerintah daerah Urumqi membantah bahwa evakuasi penduduk dipengaruhi oleh tindakan penguncian, menolak video yang beredar luas yang menunjukkan upaya pemadaman kebakaran terhambat oleh tindakan penguncian di kota.

Baca Juga: Unjuk Rasa Anti-Lockdown COVID berkobar di Seluruh China, Xi Jinping Diminta Mundur




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×