kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping Kecam Pengendalian, Pengepungan, dan Penindasan yang Dipimpin AS ke China


Rabu, 08 Maret 2023 / 00:02 WIB
Xi Jinping Kecam Pengendalian, Pengepungan, dan Penindasan yang Dipimpin AS ke China
Li Qiang, kiri, adalah sekutu lama Presiden China Xi Jinping. Xi Jinping Kecam Pengendalian, Pengepungan, dan penindasan yang Dipimpin AS ke China


Sumber: Channel News Asia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  BEIJING. Presiden China Xi Jinping mengatakan bahwa Amerika Serikat memimpin pengendalian, pengurungan, dan penindasan terhadap China, sambil mendorong sektor swasta China untuk meningkatkan inovasi dan menjadi lebih mandiri.

Ambisi teknologi China telah dihantam dengan sejumlah pembatasan oleh Amerika Serikat dan sekutunya, dan Beijing telah memperkuat kebutuhan untuk beralih dari impor untuk sektor yang dianggap vital bagi keamanan nasional, seperti semikonduktor dan kecerdasan buatan.

Washington dalam beberapa bulan terakhir telah memperketat sanksi terhadap pembuat chip China, dengan mengutip kekhawatiran keamanan nasional dan risiko teknologi itu digunakan oleh militer China.

Dalam kritik langsung yang jarang terjadi terhadap AS, Xi mengatakan kepada pemimpin industri bahwa negara-negara Barat yang dipimpin oleh Amerika Serikat telah menerapkan pengendalian, pengurungan, dan penindasan terhadap China secara menyeluruh, yang telah membawa tantangan yang sangat serius yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi perkembangan China.

Baca Juga: China Kerek Anggaran Militer untuk Hadapi Ancaman yang Meningkat

Xi, yang akan diberikan masa jabatan presiden yang ketiga secara berurutan dalam beberapa hari mendatang pada Kongres Partai Nasional yang sangat terkoreografi (NPC), mengatakan lima tahun terakhir telah dihadapi dengan serangkaian rintangan baru yang mengancam untuk menahan kemajuan ekonomi China.

Menurut kantor berita Xinhua yang dikelola negara, Xi mengatakan China harus "berani berjuang ketika negara menghadapi perubahan yang mendalam dan kompleks baik di dalam maupun luar negeri", dalam pidato kepada delegasi di Konferensi Konsultatif Politik Rakyat China (CPPCC), yang berjalan bersamaan dengan NPC.

Xi yang berusia 69 tahun mengatakan perusahaan swasta "harus mengambil inisiatif untuk mengejar pengembangan berkualitas tinggi," Xinhua melaporkan pada Senin malam.

Pekan ini, Xi berjanji untuk memperkuat kapasitas manufaktur China dan mengatakan negaranya harus dapat membela diri sendiri.

Baca Juga: Siap-Siap, China Semakin Mendominasi Perkembangan Teknologi Global

"Saya selalu mengatakan ada dua area kritis untuk China: Satu adalah untuk menjaga mangkuk nasi kita, dan yang lainnya adalah untuk membangun sektor manufaktur yang kuat," katanya.

"Sebagai sebuah bangsa besar dengan 1,4 miliar orang, kita harus bergantung pada diri sendiri... Kita tidak bisa bergantung pada pasar internasional untuk menyelamatkan kita."

Bukan Ancaman

Menteri Luar Negeri China, Qin Gang, kemudian mengulangi bahasa tegas presiden tentang "pembatasan" AS, menyebut persaingan Amerika sebagai "permainan nol-sum hidup dan mati".

Mendorong Washington untuk "bertemu di tengah jalan", Qin mengatakan bahwa hubungan dua kekuatan tersebut harus didasarkan pada kepentingan dan persahabatan yang saling menguntungkan, bukan "politik dalam negeri AS dan neo-McCarthyism yang histeris".

Dalam konferensi pers yang luas, mantan duta besar AS Qin menolak peringatan dari negara-negara Barat bahwa China mungkin akan memasok senjata ke Rusia untuk perangnya di Ukraina, dengan mengatakan bahwa China tidak akan menerima "pemindahan kesalahan, sanksi, penindasan, dan ancaman" yang menargetkan Beijing.

Baca Juga: CIA: China Masih Memiliki Keraguan untuk Menyerang Taiwan

China bulan lalu merilis sebuah dokumen posisi yang menjelaskan sikapnya dalam konflik Ukraina, menggambarkan dirinya sebagai pihak netral dan mendorong kedua belah pihak untuk memasuki perundingan perdamaian.

Klaim Beijing tentang netralitasnya telah dipertanyakan oleh AS dan sekutu Ukraina lainnya, dengan Rusia dan China yang menggambarkan hubungan bilateral mereka sebagai "tanpa batas" hanya beberapa minggu sebelum invasi.

Qin mengatakan bahwa China "bukan pencipta krisis ataupun pihak yang terlibat di dalamnya, dan tidak memberikan senjata ke pihak mana pun", menambahkan bahwa perundingan perdamaian harus dimulai "secepat mungkin".

Hubungan Beijing dengan Moskow "tidak merupakan ancaman bagi negara mana pun di dunia", katanya.

Baca Juga: China dan Belarusia Kompak Dukung Perdamaian di Ukraina

Qin juga mengulangi garis resmi bahwa China akan "mempertahankan opsi untuk mengambil semua tindakan yang diperlukan" untuk merebut kembali Taiwan.

Ia memperingatkan agar "jangan meremehkan tekad kuat, kehendak yang teguh, dan kemampuan yang kuat dari pemerintah China dan rakyat China untuk membela kedaulatan nasional dan integritas teritorial".




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×