kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Xi Jinping tegaskan perekonomian China tetap tangguh


Sabtu, 19 September 2020 / 19:27 WIB
Xi Jinping tegaskan perekonomian China tetap tangguh
ILUSTRASI. Presiden China Xi Jinping 3 Mei 2020, tangkapan layar TV.


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping menegaskan perekonomian negara tirai bambu itu tetap tangguh meski terdapat peningkatan risiko eksternal.  Di samping itu, China memiliki banyak alat kebijakan yang tersedia di Beijing, Sabtu (19/9).  

Perekonomian terbesar kedua di dunia itu terus pulih dari kemerosotan yang disebabkan pandemi virus corona.

Tetapi para analis mengatakan pembuat kebijakan menghadapi pekerjaan yang sulit untuk mempertahankan ekspansi yang stabil selama beberapa tahun ke depan untuk mengubah China menjadi negara berpenghasilan tinggi.

"Karakteristik dasar ekonomi China dengan potensi yang cukup, ketahanan yang besar, vitalitas yang kuat, ruang yang besar untuk bermanuver dan banyak instrumen kebijakan tidak berubah," kantor berita Xinhua mengutip perkataan Xi.

China memiliki kapasitas manufaktur yang kuat, pasar domestik yang sangat besar, dan potensi investasi yang sangat besar, kata Xi.

Baca Juga: Rusia: Penyebaran rudal AS di Asia pengaruhi kepentingan keamanan kami

Xi menegaskan kembali strategi "sirkulasi ganda" yang akan membantu mengarahkan ekonomi menuju kemandirian yang lebih besar, karena permusuhan dengan Amerika Serikat (AS) dan pandemi global meningkatkan risiko eksternal.

China masih menikmati "peluang strategis" dalam perkembangannya, meskipun pandemi virus korona telah memperburuk tantangan global karena globalisasi melambat dan unilateralisme serta proteksionisme meningkat, kata Xi seperti dikutip pada pertemuan tentang rencana lima tahun ke-14 negara itu (2021-2025).

"Kita harus mengupayakan perkembangan kita di dunia yang lebih tidak stabil dan tidak pasti," katanya.

Xi mendesak ketenangan di tengah meningkatnya kesulitan dan tantangan. "Peremajaan hebat bangsa China tidak pernah bisa dicapai dengan mudah dengan pemukulan gong dan genderang," katanya.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×