kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,34   9,03   0.99%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Yunani punya waktu 6 hari untuk revisi proposal


Senin, 13 April 2015 / 08:12 WIB
Yunani punya waktu 6 hari untuk revisi proposal
ILUSTRASI. Promo Akhir Bulan Burger King menyediakan 3 Ayam Crispy + 3 Nasi + 3 Cola diskon 50% jadu Rp 54.545


Sumber: Bloomberg | Editor: Uji Agung Santosa

ATHENA. Yunani punya waktu enam hari kerja untuk merevisi proposal pendanaan ke zona euro. Jika tidak memenuhi target, Uni Eropa akan menahan pengucuran dana.

Para wakil menteri keuangan negara-negara zona euro berharap, kesepakatan pendanaan € 2,7 miliar bisa tercapai tepat waktu sebelum pertemuan Eurogroup pada 24 April pekan depan. "Saya yakin, kami bisa mencapai kesepakatan tepat waktu pada 24 April," kata Yanis Varoufakis, Menteri Keuangan Yunani kepada Bloomberg.

Negosiasi antara Yunani dan negara-negara zona euro lain fokus untuk mempertajam kesepakatan awal yang dicapai pada Februari lalu. Termasuk kesepakatan soal pajak dan privatisasi perusahaan pelat merah.

Margaritis Schinas, Jurubicara Komisi Eropa mengatakan, kemajuan negosiasi terus berlangsung meski ada libur Paskah di Yunani. "Targetnya adalah melengkapi langkah-langkah reformasi secara spesifik dan menyepakatinya dalam Eurogroup pada akhir April," kata Shinas.

Varoufakis mengatakan, Yunani akan memulai kembali proses privatisasi. "Karena Yunani tidak punya kapasitas untuk mengembangkan aset publik," kata dia kepada BBC.

Varoufakis menambahkan, pihaknya masih ingin mempertahankan saham di perusahaan-perusahaan BUMN, terutama untuk menghasilkan dividen dan mendanai pensiun. Privatisasi BUMN Yunani sempat terhenti setelah pemilihan umum.

Perdana Menteri Yunani, Alexis Tsipras berjanji untuk menghentikan program pengetatan sebelumnya. Pekan lalu, Tsipras mengatakan, Yunani tidak akan bisa membayar utang tanpa bantuan Uni Eropa.

Yunani memerlukan dana untuk membayar utang jatuh tempo € 2,4 miliar pertengahan bulan ini, dan € 800 juta ke IMF pada 12 Mei. Yunani juga perlu dana untuk membayar gaji dan pensiun.

Pekan lalu, Yunani membayar cicilan € 460 juta ke IMF. Yunani juga mendapatkan fasilitas pendanaan darurat tambahan dari European Central Bank ke Bank of Greece dalam fasilitas Emergency Liquidity Assistance (ELA). Nantinya, bank-bank Yunani bisa mengakses dana darurat ini dari Bank of Greece.

Sumber ECB menyatakan, Bank Sentral Eropa menaikkan plafon ELA senilai € 1,2 miliar menjadi € 73,2 miliar. Pekan sebelumnya, ECB menambah plafon ELA senilai € 700 juta.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×