kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Presiden baru Korsel hadapi tiga masalah besar


Kamis, 11 Mei 2017 / 09:36 WIB
Presiden baru Korsel hadapi tiga masalah besar


Sumber: money.cnn | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

SEOUL. Presiden Korea Selatan yang baru memiliki banyak masalah yang harus dihadapi.

Saat diambil sumpah jabatan pada Rabu (10/5), Moon Jae-in berada dalam kekosongan jabatan setelah impeachment yang dialami Presiden Park Geun-hye akibat megaskandal korupsi yang menderanya.

Selain ketegangan dengan Korea Utara, Moon juga mewarisi masalah ekonomi yang pelik.

Berikut adalah sejumlah isu utama yang dihadapi Moon:

- Ketegangan dengan China

Korea Selatan telah mengecewakan China, partner dagang terbesarnya, dengan menyetujui pengerahan sistem pertahanan persenjataan AS di wilayahnya.

China telah merespons dengan serangkaian pembalasan ekonomi, termasuk memangkas kunjungan turis dan menekan operasi China di sejumlah perusahaan besar. (Beijing membantah hal ini).

Moon dapat menawarkan kesempatan untuk memperbaiki kembali hubungan tersebut. Moon bilang, dia bersedia melakukan negosiasi dengan China dan AS terkait sistem yang dinamakan the Terminal High Altitude Area Defense (THAAD).

- Ancaman perdagangan Trump

Presiden Trump telah menyerang pejabat Korea Selatan dengan sejumlah pernyataan mengenai pakta perdagangan bebas antara kedua negara, dengan menyebutnya sebagai perjanjian yang buruk.

Pada bulan lalu, Trumo mengingatkan bahwa dia berniat untuk melakukan negosiasi ulang atau mencabut kesepakatan yang berlaku efektif di 2012 tersebut.

Serangan Trump terhadap kesepakatan tersebut terjadi setelah wakil presiden AS Mike Pence, mengeluh di Seoul bahwa pebisnis AS di Korea Selatan menghadapi banyak tantangan saat ingin masuk.

Seoul bilang, setelah pernyataan Trump tersebut, pihaknya belum menerima permohonan negosiasi ulang atas kesepakatan tersebut.

- Korupsi

Moon masuk ke pemerintahan saat terbongkarnya kasus megaskandal korupsi yang memicu aksi unjukrasa besar-besaran rakyat Korsel dan membuat Park jatuh dari tampuk kepemimpinan.

Skandal tersebut juga melibatkan sejumlah perusahaan besar. Salah satunya adalah pewaris Samsung Lee Jae-yong yang saat ini tengah disidang untuk kasus penyuapan dan tuduhan korupsi lainnya.

Lee membantah tuduhan tersebut. Namun, skandal itu telah menimbulkan kemarahan publik terhadap perusahaan dan keluarga besar konglomerat Korea Selatan lainnya yang dikenal sebagai chaebols. Perusahaan-perusahaan konglomerasi itu juga dituduh menghambat inovasi dan kewirausahaan dengan memeras perusahaan-perusahaan kecil.

"Reformasi chaebols dapat meningkatkan pertumbuhan produktivitas dalam perekonomian," demikian kata Capital Economics.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×