kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,16   -5,20   -0.56%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa yang terjadi jika pemerintahan AS ditutup?


Jumat, 19 Januari 2018 / 13:18 WIB
Apa yang terjadi jika pemerintahan AS ditutup?
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Partai Republik di Kongres berlomba untuk memenuhi tenggat waktu, Jumat (19/1) tengah malam, untuk menyetujui tagihan pengeluaran jangka pendek agar pemerintah AS tetap berjalan dan mencegah lembaga-lembaga pemerintahan AS ditutup.

Selama penutupan pemerintah, para pegawai di seluruh badan atau lembaga pemerintahan akan dianggap cuti, atau cuti sementara yang tidak dibayar. Sementara, para pekerja yang tergolong "penting", termasuk mereka yang menangani keamanan publik dan keamanan nasional, harus terus bekerja, tanpa bayaran.

Setelah penutupan pemerintah sebelumnya, Kongres mengeluarkan langkah-langkah untuk memastikan bahwa karyawan penting dan tidak penting akan tetap menerima gaji.

Penutupan pemerintah AS terakhir kali terjadi pada Oktober 2013 yang berlangsung lebih dari dua minggu. Pada waktu itu, lebih dari 800.000 pegawai federal terpaksa cuti tanpa bayaran.

Berikut adalah sejumlah contoh dari apa yang terjadi jika pemerintahan AS ditutup, berdasarkan laporan Reuters sebelumnya dan sumber pemerintah:

TAMAN NASIONAL: Taman nasional ditutup dan pengunjung yang menginap diberi waktu dua hari untuk hengkang. Menurut Asosiasi Konservasi Taman Nasional nirlaba, penutupan pemerintahan mengakibatkan hilangnya 750.000 pengunjung harian. National Park Service memperkirakan, penghentian sementara tersebut mengakibatkan hilangnya potensi pendapatan senilai US$ 500 juta, berupa pengeluaran pengunjung di area sekitar taman dan museum Smithsonian.

AREA WISATA WASHINGTON: Tujuan wisata populer seperti Smithsonian ditutup, di mana barikade dilakukan di Lincoln Memorial, Library of Congress dan Arsip Nasional. Selain itu, Kebun Binatang Nasional juga ditutup untuk pengunjung.

PAJAK: Berdasarkan data Center for American Progress, Internal Revenue Service atau kantor pelayanan pajak merumahkan sementara waktu 90% stafnya. Hasilnya, ada sekitar US$ 4 miliar pengembalian pajak ditunda.

PENGIRIMAN SURAT: Pengiriman surat terus berlanjut seperti biasa karena Dinas Pos AS tidak menerima pajak dollar untuk operasi sehari-hari dan bergantung pada pendapatan dari perangko dan biaya lainnya.

PERJALANAN: Pelancong yang berangkat melalui udara dan kereta api tidak merasakan dampak yang besar karena petugas keamanan dan pengendali lalu lintas udara tetap bekerja. Namun, proses paspor akan mengalami penundaan, karena operasional mereka didanai oleh biaya dan uang yang disesuaikan oleh Kongres.

PENGADILAN: Pengadilan federal, termasuk Mahkamah Agung, tetap dibuka. Kantor Administrasi Pengadilan AS mengatakan bahwa pengadilan federal dapat terus beroperasi secara normal selama sekitar tiga minggu tanpa dana tambahan.

KESEHATAN: Pendaftaran untuk pertukaran asuransi kesehatan Obamacare yang baru dibuat dimulai sesuai jadwal. Program asuransi kesehatan Medicare untuk orang tua juga berlanjut sebagian besar tanpa gangguan. Sebuah program di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS, untuk melacak wabah flu dihentikan sementara. Menurut OMB, ratusan pasien tidak dapat mengikuti uji klinis National Institutes of Health.

ANAK-ANAK: Enam program Head Start yang beroperasi di Alabama, Connecticut, Florida, Georgia, Mississippi dan South Carolina yang melayani sekitar 6.300 anak-anak ditutup selama sembilan hari sebelum dibuka kembali dengan uang yang diberikan oleh dermawan, menurut OMB.

KEAMANAN SOSIAL: Jaminan Sosial dan pengecekan warga cacat dikeluarkan tanpa perubahan tanggal pembayaran dan kantor layanan tetap dibuka namun menawarkan layanan terbatas. Ada penundaan dalam proses peninjauan untuk pengajuan aplikasi baru.

MILITER: Semua personil militer melanjutkan status tugas normal. Namun sekitar setengah dari 800.000 pegawai sipil Departemen Pertahanan ditempatkan pada cuti yang tidak dibayar. Hampir semua pegawai dipanggil kembali sekitar satu minggu setelah penutupan setelah Departemen Pertahanan menerapkan Undang-Undang yang disebut Pay Our Military Act, yang baru saja disahkan oleh Kongres.

KREDIT: Proses hipotek dan pinjaman lainnya tertunda saat pemberi pinjaman tidak dapat mengakses layanan pemerintah seperti verifikasi pendapatan dan verifikasi Jamsostek. Menurut Kantor Anggaran Kongres AS, Small Business Administration tidak dapat memproses sekitar 700 aplikasi senilai US$ 140 juta dalam bentuk pinjaman sampai penutupan berakhir.

VETERAN: Dinas Departemen Veteran beroperasi seperti biasa, termasuk pengoperasian rumah sakit VA.

INSPEKSI MAKANAN: Departemen Pertanian yang menginspeksi daging tetap bekerja. Namun, badan statistik pertanian menghentikan sementara waktu publikasi. Adapun situs USDA gelap gulita dan terhubung ke halaman yang menjelaskan mengenai penutupan pemerintahan.




TERBARU

[X]
×