: WIB    —   
indikator  I  

Bakat berbisnis diturunkan dari sang kakek (2)

Bakat berbisnis diturunkan dari sang kakek (2)

KONTAN.CO.ID - Darah pebisnis secara tak langsung mengalir dalam diri Rana Kapoor. Meski sang ayah memilih menjadi pilot, sang kakek tercatat sebagai pengusaha perhiasan di India. Kedekatan dengan sang kakek merupakan pengalaman berharga Rana untuk memantapkan cita-citanya terjun ke dunia bisnis. Sang kakek pun mengarahkan Rana untuk menggapai mimpinya, termasuk dalam urusan pendidikan. Kini, Rana pun sudah memanen jerih payahnya.

Kesuksesan bisa berasal dari mimpi. Asal terus dijaga dengan kerja keras dan terus belajar, mimpi tersebut bisa menjadi kenyataan. Setidaknya pelajaran tersebut bisa diambil dari perjalanan karier Rana Kapoor.

Rana adalah salah satu pendiri Yes Bank yang kini menjadi salah satu bank swasta terbesar di India. Bank yang baru berumur sekitar 13 tahun ini berhasil membawanya masuk jajaran miliarder dunia. Forbes mengalkulasi kekayaan pribadi Rana kini sebesar US$ 1,25 miliar. Kekayaan sebesar itu, menempatkannya sebagai bankir paling tajir kedua di seantero Negeri Bollywood.

Kesuksesan yang ia nikmati saat ini tidaklah terjadi secara instan, melainkan lewat kerja keras yang terus dipupuk saat masih anak-anak. Sejak kecil, Rana memiliki impian menjadi seorang pengusaha. Kondisi ekonomi keluarganya saat itu juga relatif menopang cita-cita Rana kecil.

Namun kenyataan tak semudah apa yang dibayangkan. Rana berasal dari keluarga pengusaha. Kakeknya adalah salah satu pengusaha perhiasan yang cukup terkenal pada masanya.

Namun, sayang, sang kakek tak bisa melanjutkan usaha yang ia rintis bersama pendahulunya. Sebab ayah Rana dan keempat pamannya tidak ada yang berminat terjun ke dunia bisnis.

Mereka lebih tertarik untuk keluar dari bisnis keluarga dan menjadi profesional di berbagai bidang. Termasuk ayah Rana yang memilih menjadi pilot Indian Airlines.

Karena tidak ada yang mau meneruskan usaha, kakek Rana akhirnya menjual bisnisnya. Padahal, tak lama setelah penjualan tersebut, harga emas melonjak tajam seiring aturan baru soal kepemilikan emas.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

RANA KAPOOR

Feedback   ↑ x
Close [X]