kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berang, Mesir serang kamp teroris di Libya


Sabtu, 27 Mei 2017 / 15:20 WIB
Berang, Mesir serang kamp teroris di Libya


Reporter: Dupla Kartini | Editor: Dupla Kartini

MINYA. Pemerintah Mesir melancarkan serangan udara menggunakan jet tempur ke sejumlah kamp di Libya, Jumat (26/5) sore. Serangkan tersebut menyasar lokasi yang disinyalir sebagai tempat latihan para teroris, yang telah menembaki puluhan warga Kristen Koptik sebelumnya.

Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi mengatakan, ia telah memerintahkan serangan terhadap kamp-kamp teroris. Ia juga menegaskan bahwa terorisme harus mendapat hukuman.

Sumber militer Mesir menyebutkan, enam serangan dilancarkan di dekat Derna, di timur Libya, beberapa jam setelah sekelompok orang bersenjata menyerang rombongan warga Kristen Koptik yang tengah menuju sebuah biara di Mesir selatan. Aksi penembakan brutal pada Jumat pagi itu menewaskan 29 orang dan melukai 24 orang lainnya.

Militer Mesir mengatakan, serangan udara dilancarkan setelah pihaknya memastikan kamp-kamp tersebut sebagai tempat latihan para penyerang warga Kristen Koptik.

"Insiden terorisme yang terjadi hari ini tidak akan luput dari perhatian. Kami saat ini menargetkan kamp tempat para teroris dilatih," ungkap Sisi seperti dilansir Reuters, Jumat (26/5).

Dia mengatakan, Mesir tidak akan ragu untuk melakukan serangan lebih lanjut terhadap kamp-kamp yang melatih orang-orang untuk melawan Mesir, baik kamp-kamp tersebut berada di dalam atau di luar Mesir.

Sementara, pasukan Libya Timur mengatakan, mereka berpartisipasi dalam serangan udara, yang menargetkan pasukan yang terkait dengan al-Qaeda di sejumlah lokasi.

Sebagai catatan, warga Kristen Koptik merupakan minoritas di Mesir. Jumlah mereka hanya sekitar 10% dari populasi Mesir yang mencapai 92 juta jiwa. Mereka kerap menjadi target serangkaian serangan mematikan dalam beberapa bulan terakhir.

Sekitar 70 orang terbunuh sejak Desember lalu dalam serangan bom di sejumlah gereja di kota Kairo, Alexandria dan Tanta. Kelompok Islamic State (ISIS) mengklaim berada di balik serangan tersebut. Namun, dalam serangan Jumat pagi itu, belum ada pihak yang mengaku bertanggung jawab.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×