: WIB    --   
indikator  I  

Besarkan Patagonia meski didera sederet masalah (2

Besarkan Patagonia meski didera sederet masalah (2

Miliarder pecinta panjat tebing Yvon Chouinard kini bisa tersenyum girang melihat kejayaan bisnis Patagonia. Pemilik perusahaan perlengkapan outdoor Patagonia ini telah melalui berbagai asam garam dalam berbisnis. Hampir bangkrut karena tuntutan hukum dan peralihan saham perusahaan, Chouinard justru bangkit dan mendulang sukses lewat pakaian outdoor bermerek Patagonia. Bisnis Chouinard juga terbukti sukses melewati berbagai krisis.

Diterpa berbagai masalah, bisnis perlengkapan olahraga outdoor milik Yvon Chouinard justru kian berkibar. Tercatat roda bisnis Chouinard Equipment hampir terhenti pada tahun 1989.

Pemicunya, terjadi serangkaian tuntutan hukum yang dilayangkan oleh keluarga pendaki yang meninggal ketika memakai paku tebing produksi Chouinard. Tak mau berlama-lama berputus asa, miliarder asal California ini lalu mengubah haluan bisnis. Awalnya, peralatan mendaki merupakan mesin pencetak uang bisnis Chouinard. Pasca kecelakaan itu, Chouinard memacu lini bisnis pakaian untuk olahraga outdoor.

Sejatinya, Chouinard sudah merambah bisnis pakaian untuk olahraga di alam terbuka dengan label Patagonia sejak 1970-an. Titik balik bisnis Patagonia terjadi ketika Chouinard mengimpor baju berkerah untuk olahraga rugby yang dijual untuk segmen pendaki.

Tak disangka, langkah ini memberikan berkah berlimpah. Penjualan pakaian yang melonjak membantu Chouinard lolos dari tuntutan hukum yang berujung pada denda yang besar.

Menyadari permintaan pakaian outdoor terus meningkat, mengutip Forbes, Chouinard fokus mengembangkan bisnis ini. Puncaknya ketika Chouinard Equipment harus melepas saham perusahaan ke partner strategisnya Peter Metcalf.

Pasca peralihan saham Chouinard Equipment, pria berumur 78 tahun ini memutuskan mengembangkan bisnis pakaian outdoor. Salah satu ciri khas pakaian outdoor milik Patagonia yakni ramah lingkungan.

Chouinard dikenal sebagai pebisnis yang mempunyai perhatian besar terhadap kelestarian lingkungan. Ciri lain, pakaian buatan Patagonia dianggap memiliki desain dan warna yang trendi dan update mengikuti perkembangan zaman.


Reporter Galvan Yudistira
Editor Tri Adi

YVON CHOUINARD

Feedback   ↑ x
Close [X]