kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catalonia minta bantuan, Spanyol memburuk


Rabu, 29 Agustus 2012 / 11:26 WIB
Catalonia minta bantuan, Spanyol memburuk
ILUSTRASI. Penjualan kendaraan roda dua di salah satu diler Honda di Tangerang Selatan, Kamis (6/5/2021). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/06/05/2021.


Reporter: Edy Can, AP | Editor: Edy Can

MADRID. Kondisi keuangan berbagai wilayah di Spanyol tampaknya semakin parah. Ini terbukti semakin banyak pemerintah daerah yang meminta bantuan keuangan dari pemerintah pusat.

Permintaan terbaru datang dari Catalonia. Pemerintah daerah ini meminta dana talangan sebesar US$ 6,29 miliar dari pemerintah pusat.

Pemerintah Catalonia yang beribukota Barcelona ini merupakan daerah ketiga yang meminta dana bantuan dari pemerintah pusat. Sebelumnya ada Valencia dan Murcia. Valencia mencari dana bantuan sebesar € 3,5 miliar sedangkan Murcia sebesar € 300 juta.

Spanyol mempunyai 17 daerah semi otonom. Pemerintah daerah ini bisa menyusun anggaran pendapatan dan belanja sendiri.

Saat ini, sebagian pemerintah daerah tersebut sedang berjuang sejak Negeri Banteng terpuruk dalam resesi ekonomi. Beberapa pemerintah daerah kesulitan keuangna karena belanja secara jor-joran dan tidak mampu mencari pembiayaan dari pasar uang untuk membayar utang mereka yang besar.

Total utang pemerintah daerah di Spanyol itu mencapai €145 miliar. Sebanyak €36 miliar harus direfinancing pada tahun ini. Catalonia sendiri mempunyai utang lebih dari €42 miliar.

Pemerintah Spanyol sendiri hanya mempunyai dana sebesar €18 miliar. Sebagian besar dana itu berasal dari dana lotere.

Permintaan bantuan dari pemerintah daerah di Spanyol ini menambah beban semakin berat. Pasalnya, bank-bank Spanyol juga yang mengalami kekeringan likuiditas.

Spanyol telah mencari pinjaman lebih dari €100 miliar dari negara Eropa lainnya. Jika membutuhkan dana lebih untuk melindungi perbankan dan pemerintah daerah dari gagal bayar utang, Spanyol kemungkinan akan mencari pinjaman dari negara Eropa lainnya atau menerbitkan surat utang baru dengan imbal hasil yang lebih tinggi.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×