: WIB    —   
indikator  I  

Menjadi taipan dunia berkat hobi panjat tebing (1)

Menjadi taipan dunia berkat hobi panjat tebing (1)

Hobi memanjat tebing memberikan energi penuh bagi Yvon Chouinard dalam mengarungi bisnis perlengkapan dan peralatan kegiatan olahraga outdoor. Berawal dari hobi, Chouinard mendirikan perusahaan yang memproduksi paku tebing.

Berbekal pengalaman panjang sebagai pemanjat, paku tebing produksinya laris manis. Di puncak kesuksesan, Chouinard tersandung skandal kecelakaan dan peralihan saham, sehingga akhirnya dia mendirikan Patagonia.

Menggeluti hobi sekaligus membangun bisnis merupakan mimpi seluruh orang. Apalagi, jika hobi yang disenangi menjadi mesin pencetak kekayaan berlimpah.

Hal ini terjadi pada Yvon Chouinard. Pada masa mudanya, pria berumur 78 tahun ini gemar berpetualang di alam terbuka. Berawal dari hobi, Chouinard terinspirasi untuk mendulang untung.

Dia kemudian mendirikan Patagonia. Perusahaan ini fokus menjual perlengkapan outdoor, termasuk baju. Berbekal pengalaman panjang sebagai pendaki ulung, perlahan tapi pasti Chouinard membangun bisnis.

Berkat ketekunannya, Patagonia berhasil menjadi salah satu perusahaan perlengkapan outdoor tersohor di Amerika Serikat (AS). Penjualan Patagonia yang terus menanjak inilah yang menjadi sumber harta Chouinard yang tercatat sebesar US$ 1 miliar per Mei 2017.

Ide awal Chouinard mengembangkan bisnis perlengkapan outdoor muncul ketika pria asal California Selatan ini mencoba membuat perlengkapan kemah sendiri pada 1957. Saat itu, Chouinard merasa kesulitan mencari peralatan kemping yang ramah lingkungan.

Kesulitan sama dirasakan Chouinard saat mencari perlengkapan di hobi lain semisal surfing, kayak, dan memancing. Menyadari berbagai kesulitan tersebut, akhirnya Chouinard mendirikan perusahaan peralatan outdoor dengan nama Chouinard Equipment pada 1970.

Sejatinya, aksi Chouinard membangun bisnis terbilang nekat. Pasalnya, Chouinard tak memiliki uang banyak dan berasal dariĀ  keluarga yang sederhana.


Reporter Galvan Yudistira
Editor Tri Adi

YVON CHOUINARD

Feedback   ↑ x
Close [X]