kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.619
  • EMAS590.870 -0,68%

Indra Nooyi mengundurkan diri sebagai CEO PepsiCo

Selasa, 07 Agustus 2018 / 09:30 WIB

Indra Nooyi mengundurkan diri sebagai CEO PepsiCo
ILUSTRASI. MInuman Bersoda Pepsi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PepsiCo Inc mengumumkan pada hari Senin (6/8), bahwa Ramon Laguarta akan menggantikan Indra Nooyi sebagai CEO perusahaan. Nooyi sendiri, adalah seorang yang telah berpengalaman mendorong pertumbuhan PepsiCo di pasar internasional.

Mengutip laporan Reuters Senin (6/8), Laguarta akan menduduki kursi kepemimpian PepsiCo pada 3 Oktober 2018. Ia akan menjadi CEO keenam dari perusahaan yang telah berdiri 53 tahun silam itu.


Laguarta akan mengambil alih navigasi pasar minuman soda global dan berkompetisi dengan Coca-Cola dan pemain baru lainnya di pasar.

“Ramon Laguarta adalah orang yang tepat untuk membangun posisi dan kesuksesannya yang kuat dari @PepsiCo. Dia telah menjadi mitra dan teman yang kritis, dan saya yakin Laguarta bisa membawa PepsiCo ke tingkat yang lebih tinggi di tahun-tahun mendatang,” Tweet Nooyi Senin lalu.

Laguarta adalah pekerja senior yang sudah bekerja di PepsiCo selama 22 tahun dan akan mengemban tugas untuk mengawasi operasi perusahaan secara global, merancang strategi perusahaan, mengurus kebijakan publik dan pemerintah.

Laguarta (54), di angkat sebagai CEO perusahaan pada bulan September tahun lalu dan diperkirakan akan menggantikan Nooyi. Dia juga sebelumnya memimpin operasi PepsiCo di wilayah Eropa Timur.

“Dengan pemahaman yang mendalam tentang operasi internasional PepsiCo, dan pemahaman yang lebih luas tentang portofolio perusahaan. Kami percaya bahwa Laguarta berada di posisi yang tepat untuk terus mengeksekusi pada strategi PepsiCo saat ini,” kata analis Cowen & Co.

Sementara itu, Nooyi adalah orang yang berada di garis terdepan untuk membentuk kembali citra PepsiCo. Ketia ia menjabat sebagai Direktur Keuangan PepsiCo, Nooyi membeli Quaker Oats dan saat menjadi Wakil Presiden ia mempunyai strategi untuk memecah pasar makanan dari Pizza Hut, KFC, dan Taco Bell.

Namun, setelah menjadi CEO pada Oktober 2006, Nooyi memperkuat dominasi PepsiCo di pasar makanan ringan dan minuman global, dengan menandatangai 80 perjanjian termasuk membeli pengoperasian pembotolan dan merk jus.

Baru-baru ini, Nooyi fokus menghidupkan kembali penjualan soda marina dengan terus meningkatkan pemasaran untuk memenangkan pangsa pasar soda dan bersaing denga Coca – Cola. Sebagai CEO selama 12 tahun, ia telah meningkatkan penjualan Mountain Dew dan Gatorade menjadi US$ 63,5 miliar, naik 80% dari saat ia memulainya. Harga saham perusahaan telah meningkat 78% pada periode yang sama.

PepsiCo mengatakan belum menandatangani kesepakatan pemberian kompensasi dengan Nooyi atau Laguarta sehubungan dengan perubahan jabatan tersebut.


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Yoyok

TOKOH

TERBARU
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0008 || diagnostic_api_kanan = 0.0644 || diagnostic_web = 0.2542

Close [X]
×