kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Israel Tolak Syarat Gencatan Senjata Hamas


Selasa, 07 Mei 2024 / 17:40 WIB
Israel Tolak Syarat Gencatan Senjata Hamas
ILUSTRASI. Militer Israel mengambil kendali atas perbatasan penting Rafah antara Gaza dan Mesir. REUTERS/Violeta Santos Moura


Sumber: Channelnewsasia.com,Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - RAFAH, GAZA. Militer Israel mengambil kendali atas perbatasan penting Rafah antara Gaza dan Mesir pada hari Selasa, mendorong ke kota selatan Gaza setelah serangan udara semalaman dan ketika prospek kesepakatan gencatan senjata masih belum jelas. 

Hamas mengatakan pada Senin malam bahwa mereka telah menyetujui proposal gencatan senjata dari pihak mediator perang yang telah mendorong lebih dari satu juta warga Gaza mengungsi ke selatan wilayah kantong tersebut.
 
Israel mengatakan persyaratan tersebut tidak memenuhi tuntutannya dan melancarkan operasi militer di Rafah.

Tank dan pesawat Israel menggempur beberapa daerah dan rumah di Rafah Senin, menewaskan 20 warga Palestina dan melukai beberapa lainnya dalam serangan yang menghantam setidaknya empat rumah, kata pejabat kesehatan Palestina.

“Pendudukan Israel telah menjatuhkan hukuman mati kepada penduduk Jalur Gaza setelah penutupan perbatasan Rafah,” kata Hisham Edwan, juru bicara Otoritas Penyeberangan Perbatasan Gaza.
 
Israel telah mengancam akan melancarkan serangan besar-besaran di Rafah, yang dikatakannya menampung ribuan pejuang Hamas dan kemungkinan puluhan sandera. Kemenangan tidak mungkin terjadi tanpa merebut Rafah, katanya.

Baca Juga: Kabar Gaza Terkini (7/5): Korban Tewas Lebih dari 34.700, Rafah Kian Terancam

Penyeberangan Rafah Ditutup

Seorang juru bicara otoritas perbatasan Gaza mengatakan kepada Reuters bahwa penyeberangan Rafah, jalur utama bantuan ke daerah kantong yang hancur, ditutup karena kehadiran tank-tank Israel. Radio Angkatan Darat Israel sebelumnya mengumumkan pasukannya berada di sana.
 
Amerika Serikat telah menekan Israel untuk tidak melancarkan kampanye militer di Rafah sampai mereka menyusun rencana kemanusiaan bagi warga Palestina yang berlindung di sana, yang menurut Washington belum mereka rencanakan.

Israel mengatakan sebagian besar orang telah dievakuasi dari wilayah operasi militer.

Diinstruksikan melalui pesan teks berbahasa Arab, panggilan telepon dan selebaran untuk pindah ke apa yang disebut militer Israel sebagai “zona kemanusiaan yang diperluas” sekitar 20 km (12 mil) jauhnya, beberapa keluarga Palestina mulai berjalan terhuyung-huyung di tengah hujan musim semi yang dingin.
 
Beberapa orang menumpuk anak-anak dan harta benda mereka ke dalam gerobak keledai, sementara yang lain pergi dengan mobil pick-up atau berjalan kaki melalui jalanan berlumpur.

Saat warga Gaza membongkar tenda dan melipat barang-barang, Abdullah Al-Najar mengatakan ini adalah keempat kalinya dia mengungsi sejak pertempuran dimulai tujuh bulan lalu.

"Tuhan tahu ke mana kami akan pergi sekarang. Kami belum memutuskan," katanya.

Baca Juga: AS dan Mayoritas Uni Eropa Boikot Pelantikan Putin, Mengapa?

Perundingan di Kairo

Hamas mengatakan dalam sebuah pernyataan singkat bahwa ketuanya, Ismail Haniyeh, telah memberi tahu mediator Qatar dan Mesir bahwa kelompok tersebut menerima proposal gencatan senjata mereka.

Kantor Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu kemudian mengatakan bahwa usulan gencatan senjata tersebut tidak memenuhi tuntutan Israel tetapi Israel akan mengirim delegasi untuk bertemu dengan para perunding guna mencoba mencapai kesepakatan.

Kementerian luar negeri Qatar mengatakan delegasinya akan berangkat ke Kairo pada hari Selasa untuk melanjutkan perundingan tidak langsung antara Israel dan Hamas.

Dalam sebuah pernyataan, kantor Netanyahu mengatakan kabinet perangnya menyetujui kelanjutan operasi di Rafah.




TERBARU

[X]
×