kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jepang dan AS membidik kesepakatan tarif sapi hingga otomotif pada September nanti


Minggu, 04 Agustus 2019 / 17:35 WIB
Jepang dan AS membidik kesepakatan tarif sapi hingga otomotif pada September nanti


Reporter: Ahmad Ghifari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Jepang dan Amerika Serikat menargetkan terjalinnya kesepakatan perdagangan bilateral pada bulan September 2019 untuk menyelesaikan perbedaan pendapat tentang tarif daging sapi dan sektor otomotif.

Seperti diberitakan Reuters, Presiden AS Donald Trump telah mendesak Tokyo untuk mempercepat pembicaraan perdagangan yang akan membuka sektor pertanian yang terbilang sensitif secara politik dan ekspor mobil Jepang ke AS. 

Baca Juga: AS menuduh China sebagai predator ekonomi dan telah mengacaukan kawasan Indo-Pasific

Hal tersebut sebagai dari upaya untuk memperbaiki apa yang Trump klaim sebagai ketidakseimbangan perdagangan global.

Perjanjian untuk kesepakatan perdagangan bilateral antara Amerika Serikat dan Jepang pada bulan September nantinya akan dihadiri dalam pertemuan antara Menteri Ekonomi Jepang Toshimitsu Motegi dan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer di Washington DC.

Dalam pertemuan itu, kedua belah pihak berharap untuk memiliki kesepakatan perdagangan yang luas pada saat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe bertemu dengan Presiden AS Donald Trump di sela-sela sidang umum PBB yang dijadwalkan pada bulan September nanti di New York.

Baca Juga: Perusahaan Warren Buffett pun tak luput dari dampak perang dagang

Pada hari Jumat (2/8), Motegi mengatakan bahwa kedua belah pihak menunjukkan kemajuan yang signifikan dengan berkurangnya perbedaan di antara mereka dan setuju untuk mengadakan pertemuan pada akhir bulan ini.

Sebagai informasi, Washington sedang mencari pembukaan awal sektor pertanian Jepang termasuk pengurangan tarif 38,5% pada impor daging sapi AS.

Sementara Jepang menyerukan penghapusan tarif AS pada barang-barang industri Jepang seperti suku cadang mobil. 

Trump dan Abe juga diperkirakan akan menghasilkan semacam perjanjian perdagangan akhir bulan ini ketika mereka bertemu di sela-sela KTT.

Baca Juga: Penembakan massal terjadi di Texas, dua puluh orang meninggal dunia




TERBARU

[X]
×