kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,58   -16,96   -1.87%
  • EMAS1.358.000 -0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kapal Saling Semprot, Filipina Tuduh China Merusak Kapalnya di Wilayah Sengketa LCS


Rabu, 01 Mei 2024 / 01:15 WIB
Kapal Saling Semprot, Filipina Tuduh China Merusak Kapalnya di Wilayah Sengketa LCS
ILUSTRASI. FILE PHOTO: A China Coast Guard vessel patrols at the disputed Scarborough Shoal April 5, 2017. Picture taken April 5, 2017. REUTERS/Erik De Castro/File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - BEIJING / MANILA - Ketegangan kembali terjadi di Laut China Selatan, khususnya titik yang menjadi sengketa antara Filipina dan China. 

Filipina pada Selasa menuduh kapal penjaga pantai China melakukan pelecehan dan merusak dua kapalnya di wilayah yang disengketakan di Laut Cina Selatan. Klaim Filipina ini menolak pendirian Beijing bahwa mereka telah mengusir kapal-kapal tersebut dari wilayah yang diperebutkan.

Satuan tugas Filipina untuk masalah Laut Cina Selatan mengatakan sebuah kapal penjaga pantai dan sebuah kapal perikanan dirusak oleh meriam air yang digunakan oleh kapal penjaga pantai China, ketika kapal-kapal tersebut menuju ke perairan dangkal Scarborough untuk membantu para nelayan Filipina di daerah tersebut.

Baca Juga: Filipina Bantah China Soal Sengketa LCS, China Tawarkan Proposal Tapi Diabaikan

Kapal perikanan itu ditabrak tiga kali oleh penjaga pantai China dan kapal maritim, kata satuan tugas tersebut.

Tidak ada negara yang memiliki kedaulatan atas Scarborough Shoal yang berlokasi strategis, sebuah daerah penangkapan ikan utama yang dekat dengan jalur pelayaran utama yang digunakan oleh beberapa negara. Tempat tersebut berada di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Filipina.

“Demonstrasi terbaru mengenai perilaku ilegal dan tidak bertanggung jawab China ini menyoroti ketidakpedulian mereka terhadap pelaksanaan sah hak-hak Filipina di ZEE kami,” kata satuan tugas tersebut dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Filipina Tuduh Kapal Milik China Melakukan Tindakan Berbahaya di Laut China Selatan

Sementara China mengklaim kedaulatan atas sebagian besar Laut Cina Selatan, yang merupakan jalur perdagangan kapal tahunan senilai lebih dari US$ 3 triliun, termasuk wilayah yang diklaim oleh Filipina, Vietnam, Indonesia, Malaysia, dan Brunei.

Pengadilan internasional pada tahun 2016 mengatakan klaim ekspansif China atas wilayah LCS tidak memiliki dasar hukum. Namun keputusan pengadilan internasional ini ditolak dan tidak diakui oleh Beijing.

KEJUJURAN

Filipina mengatakan tindakan China telah menimbulkan pertanyaan tentang seberapa tulus upaya negara itu untuk mengurangi ketegangan di jalur air tersebut.

Baca Juga: Kapal China Kejar Kapal Filipina di Laut China Selatan, AS Mengawasi dari Udara

Penjaga pantai Filipina mengatakan kapal-kapal Filipina bertahan di perairan dangkal tersebut.

“Kerusakan ini menjadi bukti adanya tekanan air yang kuat yang digunakan oleh penjaga pantai China dalam mengganggu kapal-kapal Filipina,” kata juru bicara penjaga pantai Filipina Jay Tarriela dalam sebuah pernyataan.

China telah menduduki pulau karang tersebut selama lebih dari satu dekade. Perairan di sekitar lagunanya, yang telah lama menjadi tempat perlindungan bagi kapal-kapal saat terjadi badai, telah menjadi lokasi berbagai konfrontasi dalam beberapa tahun terakhir.

Penjaga Pantai China mengatakan kapal-kapal itu telah diusir namun tidak memberikan rincian mengenai insiden tersebut.

Baca Juga: Tegang! Kapal China Kepung Kapal Filipina, Ini Peringatan AS ke Tiongkok

“China mendesak pihak Filipina untuk segera menghentikan tindakan pelanggaran provokatifnya dan tidak menentang tekad tegas Tiongkok untuk menjaga kedaulatannya,” kata Lin Jian, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, pada konferensi pers.

Tarriela dari Filipina mengatakan kapalnya, BRP Bagacay, mengalami kerusakan pada pagar dan kanopinya, dan China juga telah memasang penghalang terapung di pintu masuk perairan dangkal tersebut untuk membatasi akses.

Satuan tugas Filipina mengatakan kapal perikanan tersebut mengalami kerusakan pada sistem navigasi, kelistrikan, ventilasi dan radio.

China dan Filipina saling tuding melakukan tindakan ilegal di Scarborough Shoal dan Manila baru-baru ini memanggil diplomat Tiongkok untuk menjelaskan manuver agresif tersebut. China biasanya menuduh Filipina melanggar batas wilayahnya.

Kedua negara sebelumnya mengatakan mereka akan mengupayakan komunikasi yang lebih baik mengenai konflik di Laut Cina Selatan, namun ketegangan meningkat akhir-akhir ini, ketika Filipina menjalin hubungan diplomatik dan militer yang lebih kuat dengan Amerika Serikat.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×