kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,04   7,69   0.83%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konglomerat dari bisnis sabun rumahan (1)


Kamis, 13 Oktober 2016 / 11:24 WIB
 Konglomerat dari bisnis sabun rumahan (1)


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

Ketekunan menghasilkan buah yang matang bagi Karsanbhai Patel. Terlahir sebagai anak petani miskin, Karsanbhai kini bisa mengecap manisnya buah kerja keras. Miliarder produk consumer good di India ini memiliki harta senilai US$ 2,2 miliar. Tumpukan kekayaan ini berawal dari ketekunan menciptakan formula detergen di belakang rumah. Setelah berhasil memproduksi detergen rumahan, Karsanbhai menjualnya dengan sepeda dari pintu ke pintu.

Jumlah penduduk yang lebih dari 1,3 miliar menjadikan India sebagai salah satu tempat ideal untuk menjadi kaya raya. Bermodal kerja keras dan kejelian membidik segmen pasar, Karsanbhai Patel tersohor menjadi salah satu miliarder penguasa pasar produk rumah tangga di India.

Kendati terlahir di keluarga petani miskin laiknya penduduk India kebanyakan, jalan hidup Karsanbhai berubah total berkat kegigihan membangun bisnis. Karsanbhai merupakan pemilik perusahaan fast moving consumer goods lewat bendera Nirma Group.

Sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar di dunia, Karsanbhai dengan cermat memilih dengan tepat segmen pasar yang dia bidik. Sejak awal mula berbisnis, ia tetap membidik segmen pasar masyarakat menengah bawah sebagai ladang usahanya.

Berpuluh-puluh tahun dilalui, ia pun masih setia menjadikan segmen tersebut sebagai sasaran dalam menjual berbagai produk keperluan rumah tangga. Membidik segmen bawah, Karsanbhai memakai strategi harga jual produk yang murah meriah.

Dengan jalan ini, Nirma berhasil memenangkan persaingan. Dengan pangsa pasar yang besar, Karsanbhai memenuhi berbagai kebutuhan dan selera miliaran penduduk India melalui diversifikasi produk yang mencapai puluhan.
 




TERBARU

[X]
×