kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lampaui Perkiraan, Laba Deutsche Bank Melonjak 10% pada Kuartal I-2024


Kamis, 25 April 2024 / 16:10 WIB
Lampaui Perkiraan, Laba Deutsche Bank Melonjak 10% pada Kuartal I-2024
ILUSTRASI. Deutsche Bank Pangkas Karyawan


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  FRANKFURT. Deutsche Bank membukukan peningkatan laba kuartal I-2024 sebesar 10%, melampaui perkiraan, berkat peningkatan perdagangan pendapatan tetap dan kesepakatan yang menggerakkan pendapatan di divisi perbankan investasinya.

Kenaikan laba ini menandakan pulihnya perbankan investasi sebagai penyumbang utama pendapatan bagi Deutsche, mengungguli divisi ritel yang baru-baru ini menghadapi kendala dalam layanan pelanggan meskipun mengalami keuntungan dari suku bunga yang lebih tinggi.

Hasil ini menandai laba kuartal ke-15 berturut-turut bagi Deutsche, merekam pencapaian yang luar biasa setelah menghadapi kerugian besar selama dekade terakhir.

Baca Juga: Bank Sentral Eropa Kirim Sinyal Pemangkasan Bunga di Juni

Meskipun sahamnya naik sekitar 60% dalam setahun terakhir, sahamnya dibuka 1,5% lebih rendah setelah pengumuman kinerja tersebut.

Laba bersih Deutsche yang dapat diatribusikan kepada pemegang saham mencapai 1,275 miliar euro (US$ 1,37 miliar) pada kuartal ini, melebihi laba 1,158 miliar euro pada periode yang sama tahun sebelumnya, dan juga melampaui perkiraan analis yang sekitar 1,2 miliar euro.

"Hasil ini menandai langkah maju bagi kami," kata Chief Executive Officer Deutsche, Christian Sewing, dalam pesannya kepada karyawan.

Dia menegaskan komitmen bank terhadap target tahun 2025, termasuk penurunan rasio biaya terhadap pendapatan, meskipun beberapa analis mempertanyakan tingkat ambisi tersebut.

Meskipun pendapatan bank melebihi ekspektasi, Deutsche masih dihadapkan pada ekonomi domestik yang lemah, bahkan ketika kepercayaan bisnis di Jerman mengalami peningkatan.

Baca Juga: Keluhan Nasabah di Bank Jerman Meningkat 87% di 2023

Regulator juga memperingatkan bahwa tahun 2024 kemungkinan akan menjadi tahun yang sulit bagi bank-bank Jerman karena beban krisis properti dan kredit macet.

Pendapatan dari divisi perbankan investasi Deutsche meningkat 13% pada kuartal ini, melampaui perkiraan kenaikan sebesar 6,9% yang disampaikan oleh para analis. Sementara pendapatan dari bank korporasi turun 5%, meleset dari ekspektasi penurunan sebesar 3,5%, dan pendapatan dari divisi ritel turun 2%, sesuai dengan perkiraan.

Peningkatan pendapatan dari origination dan konsultasi menjadi sorotan, dengan pertumbuhan sebesar 54%, melampaui perkiraan peningkatan sebesar 36% dan mengungguli pertumbuhan sebesar 25% dari pesaing besar AS.

Moody's menyebut hasil ini sebagai "bantalan yang kokoh" menghadapi potensi masalah di sektor real estat. Sementara itu, analis KBW, meskipun menilai kinerja Deutsche buruk, menyatakan bahwa pendapatannya "cukup baik, namun tidak luar biasa".

Baca Juga: Ekonomi Uni Eropa Tidak Baik-baik Saja, PHK Massal Melanda Sejumlah Korporasi Besar

Para analis saat ini memperkirakan bahwa bank investasi akan tetap menjadi penyumbang terbesar pendapatan bagi Deutsche hingga tahun 2026, menggantikan ekspektasi sebelumnya yang menempatkan bank ritel sebagai pemain utama.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×