: WIB    --   
indikator  I  

Melebarkan pangsa pasar pembayaran online (3)

Melebarkan pangsa pasar pembayaran online (3)

Sistem pembayaran online merupakan bisnis yang tumbuh pesat seiring booming perdagangan online (e-commerce). Ceruk bisnis inilah yang menjadi perhatian Patrick Collison, pencipta startup Stripe yang menyediakan jasa pembayaran online. Sadar akan kebutuhan konsumen yang semakin beragam, Collison pun terus mengembangkan Stripe. Kerja keras Collison tidak sia-sia, sebab kini Stripe kini mampu melayani transaksi atas 135 jenis mata uang.

Booming perdagangan online atawa e-commerce merupakan ceruk pasar yang menggiurkan, tidak hanya bagi produsen, namun juga untuk penyedia jasa penopang transaksi online. Celah ini juga yang awalnya mendapat perhatian serius dari Patrick Collison dalam membangun startup bernama Stripe yang bergerak dibidang jasa pembayaran online.

Collison menyatakan, salah satu strategi jitu untuk terus tumbuh adalah dengan memperbanyak dan mengembangkan produk, serta melancarkan ekspansi ke banyak negara. Sejak berdiri pada tahun 2010, Stripe tercatat telah mengembangkan fitur dan produk yang tidak hanya terpaku pada sistem pembayaran.

Terakhir, Collison mengeluarkan tiga varian pengembangan produk yakni Relay, Atlas dan Radar. Ketiga produk tersebut dirilis demi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Produk Relay dikeluarkan pada tahun 2015. Mengutip laporan Techradar, tujuan Collison mengeluarkan layanan ini adalah untuk membantu peningkatan penjualan pedagang, lewat pengintegrasian Stripe dengan sejumlah platform.

Adapun Atlas diluncurkan Stripe pada awal 2016. Pengembangan produk Atlas dilakukan untuk menjangkau lebih banyak pengguna bisnis online di berbagai negara, di luar Amerika Serikat (AS). Tujuan utama Collison mengembangkan Atlas agar pengguna internet tidak kesulitan dalam membuka bisnis diluar AS.

Sementara Radar sendiri dikembangkan Collison dengan tujuan mencegah dan menanggulangi kejahatan (fraud) yang sering dilancarkan para peretas (hacker) terhadap situs web. Dengan pengembangan Radar, diharapkan kecepatan transaksi Stripe juga ditopang sistem keamanan yang mumpuni. Untuk mengembangan fitur tersebut, Collison membentuk semacam mesin belajar (learning machine) yang bisa mendeteksi dini saat terjadi fraud.


Reporter Galvan Yudistira
Editor Tri Adi

PATRICK COLLISON

Feedback   ↑ x
Close [X]