: WIB    —   
indikator  I  

Miliarder pemilik jaringan pizza Papa John's (1)

Miliarder pemilik jaringan pizza Papa John's (1)

Penggemar pizza di Negeri Paman Sam pasti tak asing mengenal nama John Schnatter. Dia adalah miliarder pemilik jaringan restoran pizza terbesar ketiga di Amerika Serikat (AS).

Hitungan Forbes, pria berusia 55 tahun ini masuk jajaran orang terkaya dunia dengan total kekayaan menembus US$ 1 miliar per awal 2017. Sumber kekayaannya berasal dari 3.300 restoran pizza di Amerika 1.700 restoran di luar pasar Amerika.

Mengutip Entrepreneur.com, Schnatter memulai kisahnya dari nol. Dua tahun setelah lulus kuliah dari Ball State University, Schnatter bekerja sebagai pengantar pizza. Hingga pada 1984 silam, Schnatter rela merogoh seluruh uang untuk membeli peralatan memasak sebesar US$ 1.600. Dia menggunakan uang itu untuk membuat pizza dan menjualnya di lemari sapu yang sudah direnovasi.

Schnatter pertama kali berjualan pizza dengan menumpang di bar milik ayahnya. Sejak saat itulah, nasib Schnatter pun berubah drastis.

Di awal berjualan, Schnatter terus melatih diri untuk pintar memasak pizza. Ketika pizza racikannya sudah enak, dia memberanikan diri untuk membuka restoran pizza sendiri bernama Papa John's.

Sejak berusia 15 tahun, Schnatter sudah mendapatkan ide untuk memiliki restoran sendiri. Dia bermimpi menjadi pebisnis pizza ketika masih bekerja sebagai pencuci piring di sebuah restoran pizza bernama Rocky di kampung halamannya, Jeffersonville, Indianapolis.

Schnatter menyebut dirinya sangat berutang budi pada restoran pizza tempatnya bekerja dulu. Pasalnya, ketika Rocky sibuk, Schnatter akan ditarik dari tempat cuci piring untuk membuat pizza.  Ketika bekerja itulah kemampuan membuat pizza diasah. Sejatinya, Schnatter sudah memiliki bakat dalam meracik pizza.


Reporter Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang
Editor Tri Adi

JOHN SCHNATTER

Feedback   ↑ x
Close [X]