: WIB    —   
indikator  I  

Miliarder yang dekat dengan kalangan milenial (1)

Miliarder yang dekat dengan kalangan milenial (1)

KONTAN.CO.ID - Malang-melintang di bisnis perbankan, Rana Kapoor akhirnya mendirikan Yes Bank Ltd. Berkat bank yang dia dirikan tersebut, Rana pun masuk jajaran miliarder dunia. Forbes mencatat jumlah kekayaannya senilai US$ 1,25 miliar. Salah satu keunggulan Yes Bank adalah mudah menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan nasabah dari golongan milenial. Di India, media sosial milik Yes Bank paling banyak mengumpulkan pengikut dari kalangan anak muda.

Tak banyak miliarder di India yang lahir dari bisnis perbankan. Dari sedikit nama tersebut, tersempil Rana Kapoor. Dia adalah pendiri dari Yes Bank Ltd, salah satu bank yang sedang naik daun di Negeri Bollywood.

Menjadi seorang bankir merupakan profesi Rana sejak beberapa tahun lalu. Sebagai profesional di bisnis ini, ia memang berhasil menjadi orang kaya. Namun status miliarder, baru ia dapat setelah mendirikan Yes Bank.

Saat ini, Forbes mengkalkulasi kekayaan pribadinya mencapai US$ 1,25 miliar. Dengan kekayaan sebesar itu, ia menempati posisi orang terkaya urutan ke-94 di India.

Dengan kekayaan sebesar itu pula, Rana menjadi bankir paling tajir kedua di India. Ia berada di bawah Uday Kotak yang mendirikan Kotak Mahindra Bank.

Masuknya Rana ke dalam jajaran miliarder sendiri baru terjadi di awal tahun ini. Hal ini merupakan berkah dari kenaikan saham Yes Bank sejak akhir tahun lalu. Sebagai pendiri sekaligus Chief Executive Officer Yes Bank, tentunya ia ikut kecipratan dari terkereknya harga saham bank ini.

Pada Desember 2016, saham Yes Bank tumbuh 16,4%, menjadikannya sebagai saham dengan kinerja terbaik diantara emiten bank lain di India. Rana sendiri menggenggam 11,6% saham dari bank yang ia dirikan tersebut.

Yes Bank sendiri menjadi salah satu fenomena di India. Salah satunya karena perkembangan pesat yang berhasil dibukukan oleh perusahaan tersebut. Padahal, Yes Bank masih tergolong muda dibanding kompetitor lain, yakni baru didirikan pada tahun 2004.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

RANA KAPOOR

Feedback   ↑ x
Close [X]