: WIB    --   
indikator  I  

Miliarder yang merajai toko perhiasan India (1)

Miliarder yang merajai toko perhiasan India (1)

Di India, perhiasan termasuk barang yang paling banyak diburu. Penjualan perhiasan di Negeri Taj Mahal tersebut terbilang tinggi. Tak pelak, bisnis perhiasan pun menjamur. Salah satu pemain besar di bisnis perhiasan India adalah Joyalukkas Jewellery. Perusahaan milik Joy Alukkas ini tersohor kualitasnya di seantero India. Dari bisnis perhiasan ini pula, Joy mengembangkan lahan bisnisĀ  lain dan turut membawanya menjadi salah satu miliarder di India.

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Ungkapan tersebut masih cukup relevan dalam menggambarkan kisah kesuksesan beberapa konglomerat pada saat ini. Termasuk saat membicarakan Joy Alukkas yang kini menjadi salah satu miliarder dari India.

Seperti ayahnya, Joy adalah pengusaha perhiasan di India. Tapi apa yang ia lakukan jauh melebihi pencapaian sang ayah. Namanya kini masuk dalam jajaran orang paling kaya di dunia versi Forbes.

Kapal bisnis yang dimiliki Joy adalah Joyalukkas Group yang ia dirikan pada 1987. Bisnis perhiasan terutama yang terbuat dari emas menjadi penyumbang bisnis terbesar yang ia jalankan lewat bendera Joyalukkas Jewellery . Toko perhiasan yang ia miliki tersebar bukan hanya di India namun juga sampai ke negara lain.

Berkantor pusat di Kerala, India, nama Joyalukkas kini punya lebih dari 130 jaringan toko di berbagai tempat. Termasuk di 13 negara lain di kawasan Timur Tengah, Asia Tenggara bahkan hingga menyeberang benua ke Inggris dan Amerika Serikat.

Banyaknya jaringan yang dimiliki pun diikuti oleh jumlah tenaga kerja yang terbilang besar. Saat ini, jumlah pekerja di Joyalukkas mencapai 8.000 orang. Dengan sejumlah rencana ekspansi, jumlah pekerja tersebut diperkirakan akan meningkat tiga kali lipat hingga 2018 mendatang.

Joyalukkas kini punya lebih dari 10 juta konsumen di berbagai tempat. Kualitas yang tercermin dari berbagai sertifikasi yang dimiliki pun menjadi salah satu daya tarik konsumen membeli perhiasan yang berkualitas.


Reporter Tendi Mahadi
Editor Tri Adi

JOY ALUKKAS

Feedback   ↑ x