: WIB    --   
indikator  I  

Minat bisnis sejak jadi desainer mikroprosesor (2)

Minat bisnis sejak jadi desainer mikroprosesor (2)

Sejak kecil Jen Hsun Huang sudah mendapat gemblengan disiplin tinggi. Ia tinggal di asrama bersama kakaknya sejak pindah ke Amerika Serikat. Hidup di asrama membuat dirinya harus mandiri dan bisa mengerjakan urusan domestik sendiri. Didikan tersebut yang membuatnya sukses seperti sekarang. Pasca-lulus dari Oregon State University, Huang sempat bekerja menjadi desainer mikroprosesor, sebelum akhirnya mendirikan perusahaan sendiri.

Asal-muasal Jen-Hsun Huang berasal dari Taiwan. Miliarder pemilik NVidia ini lahir di Taiwan 54 tahun yang lalu. Ia dikirim orangtuanya untuk sekolah di Amerika Serikat pasca kerusuhan sipil yang terjadi di Taiwan pada tahun 1970. Ia tinggal di asrama di sebuah pedesaan Kentucky bernama Oneida Baptist Institute.

Kehidupan asrama mengajarkan disiplin tinggi bagi dirinya. Setiap hari, Huang mengerjakan kegiatan domestik seperti membersihkan kamar mandi anak laki-laki selepas pulang sekolah. Sementara sang kakak bekerja di pertanian tembakau.

Semasa SMA, Huang menimba ilmu di Aloha terletak di pinggiran barat Portland. Setelah meninggalkan Oneida Baptist Institute dan pindah ke Oregon bersama keluarganya, Huang mengisi masa remajanya dengan bermain tenis meja di sebuah klub di pusat kota Portland. Kala itu, usianya masih 15 tahun. Hobi tenis meja pernah membawanya menjadi juara ketiga ganda yunior pada ajang tenis meja di Amerika.

Selanjutnya, Huang menempuh studi di Oregon State University pada tahun 1984. Selepas kuliah, Huang menjabat sebagai Direktur Coreware di LSI Logic dan Desainer mikroprosesor di Advanced Micro Devices, Inc (AMD). Di sinilah ia menemukan kecintaannya pada teknologi informasi (IT). Ia kemudian terdorong menciptakan Nvidia, prosesor personal computer (PC) grafis pada tahun 1993.

Prediksi Huang bahwa tren gim konsol bakal melejit dibuktikan melalui hadirnya Nvidia. Kelahiran Nvidia mendapat respon positif industri hiburan dunia. Ia kemudian merangkul kemitraan demi mengembangkan inovasi.

Salah satu kongsi yang dibangun oleh Huang adalah kerjasama bersama dengan IBM. Kemitraan ini menghasilkan server yang mampu mengoptimalkan teknologi prosesor GPU Nvidia.


Reporter Dina Farisah
Editor Tri Adi

JEN-HSUN HUANG

Feedback   ↑ x
Close [X]