: WIB    --   
indikator  I  

Perdagangan Uni Eropa-AS menurun

Perdagangan Uni Eropa-AS menurun

BRUSSEL. Perdagangan antara Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) turun untuk pertama kalinya sejak tiga tahun terakhir. Ekspor dan impor kedua wilayah itu merosot mengikuti tren perlambatan perdagangan dunia.

Kebijakan proteksi ekonomi ala Presiden AS Donald Trump bakal membebani perdagangan dua wilayah tersebut di masa mendatang.

Data dari Eurostat atau lembaga statistik Uni Eropa yang dikutip Reuters mencatat, ekspor barang Uni Eropa ke AS turun 2% di tahun 2016 dibandingkan tahun sebelumnya. Begitu juga impor dari AS ke Uni Eropa susut 1%.

Penurunan aktivitas dagang itu karena sentimen proteksi ekonomi dari Presiden Trump atas negaranya, bukan lantaran krisis ekonomi. Sebab kedua blok ekonomi tersebut terus berkembang.

Tahun lalu, total nilai ekspor Uni Eropa ke seluruh dunia turun 2% menjadi 1.745 miliar. Sementara impor Uni Eropa berkurang 1% menjadi 1.706 miliar.

Selama satu dekade terakhir, impor Uni Eropa dari AS turun sebanyak dua kali yakni pada 2009 dan 2013. AS saat ini menjadi mitra dagang utama Uni Eropa. Tercatat lebih dari 20% seluruh ekspor Uni Eropa menuju ke AS. Sedangkan impor AS dari Uni Eropa hingga 15%.

Wakil Presiden Komisi Eropa, Jyrki Katainen kepada Bloomberg mengatakan para pejabat perdagangan Uni Eropa dan AS terus bernegosiasi soal kesepakatan dagang. Misalnya, dalam penghapusan tarif pada barang.

 


Reporter Mona Tobing
Editor Barratut Taqiyyah

EROPA

Feedback   ↑ x