kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertumbuhan Lapangan Pekerjaan Amerika Melambat, Tingkat Pengangguran Naik Jadi 3,9%


Jumat, 03 Mei 2024 / 22:01 WIB
Pertumbuhan Lapangan Pekerjaan Amerika Melambat, Tingkat Pengangguran Naik Jadi 3,9%
ILUSTRASI. Seorang wanita melambaikan bendera kecil AS . REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pertumbuhan lapangan kerja Amerika Serikat (AS) melambat lebih dari yang diharapkan pada bulan April dan kenaikan upah tahunan turun di bawah 4,0% untuk pertama kalinya dalam hampir tiga tahun.

Namun mungkin masih terlalu dini untuk memperkirakan bahwa Federal Reserve akan mulai menurunkan suku bunganya sebelum bulan September karena pasar tenaga kerja masih cukup ketat.

Laporan ketenagakerjaan oleh Departemen Tenaga Kerja pada hari Jumat (3/5) juga menunjukkan tingkat pengangguran meningkat menjadi 3,9% dari 3,8% pada bulan Maret di tengah meningkatnya pasokan tenaga kerja.

Baca Juga: The Fed Masih Tahan Suku Bunga, Simak Arah Fed Funds Rate Ke Depan

Meskipun demikian, tingkat pengangguran tetap di bawah 4% selama 27 bulan berturut-turut.

Pasar keuangan meningkatkan peluang penurunan suku bunga pada bulan September dan melihat bank sentral AS mengurangi biaya pinjaman sebanyak dua kali pada tahun ini dibandingkan hanya sekali sebelum data dirilis.

"Laporan hari ini jauh dari kelemahan pasar tenaga kerja yang akan mendorong penurunan suku bunga The Fed," kata Chris Low, kepala ekonom di FNH Financial.

“Meski demikian, lebih banyak tenaga kerja dan lebih lambatnya pertumbuhan lapangan kerja dan upah akan membantu mengendalikan inflasi dan itu adalah kunci penurunan suku bunga.”

Data nonfarm payrolls meningkat sebanyak 175.000 pekerjaan pada bulan lalu, paling sedikit dalam enam bulan, menurut Biro Statistik Departemen Tenaga Kerja.

Revisi menunjukkan 22.000 lebih sedikit pekerjaan yang diciptakan pada bulan Februari dan Maret dibandingkan yang dilaporkan sebelumnya.

Baca Juga: AS Larang TikTok, Bagaimana Efek Domino yang Ditimbulkan?

Ekonom yang disurvei oleh Reuters memperkirakan jumlah gaji meningkat sebesar 243.000. Perkiraan berkisar antara 150.000 hingga 280.000.

Peningkatan lapangan kerja pada bulan April berada di bawah rata-rata bulanan sebesar 242.000 pada tahun lalu.

Sektor kesehatan terus memimpin pertumbuhan lapangan kerja, menambah 56.000 posisi, tersebar di layanan kesehatan rawat jalan, rumah sakit, fasilitas perawatan dan perawatan residensial.

Gaji bantuan sosial meningkat sebanyak 31.000 pekerjaan. Lapangan kerja di industri transportasi dan pergudangan meningkat sebesar 22.000 pekerjaan, didorong oleh kurir dan kurir serta perekrutan di fasilitas pergudangan dan penyimpanan.

Pengecer mempekerjakan 20.000 pekerja lebih banyak. Terdapat sedikit peningkatan pada sektor konstruksi dan gaji pemerintah.

Penghasilan rata-rata per jam naik 0,2% setelah naik 0,3% di bulan Maret. Upah meningkat 3,9% dalam 12 bulan hingga April. Itu merupakan kenaikan terkecil dan pembacaan pertama di bawah 4,0% sejak Juni 2021 dan menyusul kenaikan 4,1% di bulan Maret.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Pertumbuhan Ekonomi Global 2024 Relatif Stagnan

Pertumbuhan upah pada kisaran 3,0%-3,5% dipandang konsisten dengan target inflasi The Fed sebesar 2%. Menyusul berita minggu lalu bahwa pertumbuhan ekonomi melambat secara signifikan pada kuartal pertama, moderasi dalam jumlah gaji dapat menambah kekhawatiran bahwa perekonomian akan kehilangan momentum dengan cepat pada kuartal kedua.

Namun penurunan produk domestik bruto pada kuartal terakhir sebagian besar disebabkan oleh lonjakan impor, yang mencerminkan permintaan domestik yang kuat.

Pertumbuhan upah masih cukup untuk mendukung belanja konsumen dan perekonomian yang lebih luas.

Pasar keuangan menaikkan taruhan mereka terhadap penurunan suku bunga pada bulan September menjadi sekitar 78% dari 63% sebelum data dirilis.

Bank sentral AS pada hari Rabu (1/5) mempertahankan suku bunga acuan semalam tidak berubah pada kisaran 5,25%-5,50% saat ini, sejak bulan Juli. Sejak Maret 2022 The Fed telah menaikkan suku bunga kebijakannya sebesar 525 basis poin.

Saham-saham AS menguat setelah data tersebut dirilis. Dolar melemah terhadap sekeranjang mata uang. Harga Treasury AS naik.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×