kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pintar cari peluang bisnis dengan platform toko inline (3)


Kamis, 22 Maret 2018 / 15:05 WIB
Pintar cari peluang bisnis dengan platform toko inline (3)
ILUSTRASI. FENOMENA - Tobias Lutke


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Bersama kedua rekannya Tobias Lütke meluncurkan platform Shopify di tahun 2006. Dengan berbagai pengembangan agar memenuhi kebutuhan pasar, Shopify berkembang menjadi platform yang dibutuhkan bagi para pedagang online. Tak heran bisnisnya cepat berkembang. Lütke pandai melakukan teknik branding agar perusahaannya dikenal orang. Dia menggelar kompetisi membangun bisnis lewat platform Shopify. Dari situ Shopify makin dikenal dan dapat suntikan modal.

Tobias Lütke bersama rekannya yakni Daniel Weinand, dan Scott Lake mencoba membuat toko online sendiri menggunakan framework aplikasi web open source Ruby on Rails untuk menjual peralatan snowboarding. Ini menjadi titik awal pendirian Shopify di tahun 2004. Karena pada dua tahun setelah itu, Lütke dan teman-temannya meluncurkan platform toko online bernama Shopify di Juni 2006.

Pengembangan terus dilakukan hingga Shopify meluncurkan platform API dan App Store pada Juni 2009. API memungkinkan para pengembang untuk menciptakan aplikasi sendiri untuk membuat toko onlinebagi Shopify dan menjualnya di toko aplikasi Shopify. Kemudian di April 2010 Shopify meluncurkan aplikasi gratis di Apple App Store. Di sini pedagang onlinebisa melihat dan mengatur toko online mereka sendiri lewat ponsel di sistem operasi iOs.

Pada tahun yang sama, Lütke menggelar kompetisi Build-A-Business . Di ajang ini, kontestan membangun bisnis menggunakan platformperdagangan Shopify ini. Pemenang kompetisi ini mendapatkan uang tunai dan mentoring wiraswasta dari para pengusaha ternama.

Lewat berbagai strategi branding yang dilakukan Lütke, Shopify didapuk menjadi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat menurut Ottawa Business Journal pada 2010. Suntikan modal pun mulai berdatangan sejak saat itu. Semisal, perusahaan ini mendapat suntikan modal ventura seri A senilai US$ 7 juta pada 2010 dan seri B senilai US$ 15 juta di tahun 2011.

Modal yang kian tebal membuat Lütke leluasa melebarkan sayap bisnisnya. Pada Februari 2012, Shopify mengakuisisi Select Start Studios Inc (S3), sebuah pengembang perangkat lunak ponsel. Pada 2013, Shopify juga mengakuisisi Jet Cooper, studio desain yang berbasis di Toronto.




TERBARU

[X]
×