kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Putus sekolah di usia 15 tahun, bekerja memperbaiki cincin (2)


Rabu, 07 Maret 2018 / 14:23 WIB
Putus sekolah di usia 15 tahun, bekerja memperbaiki cincin (2)
ILUSTRASI. FENOMENA - Laurence Graff


Reporter: Umi Kulsum | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - Jalan hidup membawa Laurence Graff menjadi seseorang yang berkecimpung di lingkungan bisnis perhiasan. Dia memutuskan berhenti sekolah di usia 15 tahun dan bekerja sebagai petugas kebersihan di sebuah toko perhiasan di London. Namun dalam waktu tiga bulan, Graff dipecat dari pekerjaannya. Setelah itu dia bekerja dengan seorang pembuat perhiasan. Kali ini, pekerjaan yang ia lakukan adalah memperbaiki cincin.Dari situ perjalanan bisnis berlian Graff dimulai.

Laurence Graff mengenal perhiasan dan berlian dari usia belia. Lahir dan dibesarkan di keluarga pekerja imigran keturunan Yahudi di London, Inggris, Graff mengenal berlian sejak masih berusia 15 tahun.

Kala itu dia memutuskan untuk berhenti sekolah dan berusaha mencari pekerjaan. Dia lantas mendapatkan pekerjaan sebagai pekerja kebersihan di sebuah toko perhiasan di Hatton Garden, sebuah jalan di London yang merupakan pusat pertokoan perhiasan dan berlian.

Graff hanya bertahan tiga bulan sebagai petugas kebersihan. Karena dipecat, Graff pun harus mencari pekerjaan lain. Pria kelahiran 13 Juni 1938 ini mendapatkan tawaran kemitraan dengan seorang pembuat perhiasan bernama Schindler untuk memperbaiki cincin dan membuat perhiasan kecil di sebuah toko kecil.

Usia toko itu tak lama. Namun dari toko kecil itu, Graff menuai kemampuan dan pengalaman yang untuk memperbaiki perhiasan. Itu menjadi bekalnya mencari uang guna bertahan hidup.

Dia juga mencoba menjual desain perhiasan secara terpisah ke toko-toko perhiasan di seluruh penjuru Inggris. Dari sebuah kamar kecil di rumahnya, Graff memulai pekerjaan sebagai pembuat berlian. Rekan kerja Graff adalah ayahnya sendiri yakni Harry Graff, yang sehari-hari merupakan penjahit pakaian.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×