kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,55   7,95   0.80%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raja Thailand pemegang saham terbesar konglomerat Siam Cement Group Pcl


Minggu, 19 Agustus 2018 / 04:47 WIB
Raja Thailand pemegang saham terbesar konglomerat Siam Cement Group Pcl
Raja Thailand Maha Vajiralongkorn.


Sumber: Reuters | Editor: Hasbi Maulana

KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Raja Thailand Maha Vajiralongkorn tercatat menjadi pemegang saham terbesar di konglomerat industri terbesar negara itu, Siam Cement Group Pcl. Data dari Bursa Efek Thailand (SET)yang dipublikasikan di situs webnya menunjukkan hal itu.

Raja memiliki 33,30% saham, membuatnya menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan konstruksi dan perlengkapan industri. Kepemilikan raja di perusahaan memiliki nilai hampir 180 miliar baht atau sekitar US$ 5,43 miliar (Rp 79,16 triliun).

Data ini muncul menyusul pengumuman pada bulan Juni lalu dari Biro Properti Kerajaan (CPB) yang mengatakan aset yang sebelumnya terdaftar di biro sekarang akan dicatatkan "atas nama Yang Mulia". Ini merupakan perombakan terbaru urusan kerajaan di bawah raja yang telah memerintah sejak 2016, setelah kematian ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej.

Pengumuman Juni itu menunjukkan bahwa Raja Vajiralongkorn, 66 tahun, mengambil kepemilikan pribadi penuh atas aset biro.

Nilai total aset biro tersebut tidak dipublikasikan, tetapi majalah Forbes menaksir kepemilikannya di real estat dan investasi lainnya lebih dari US$ 30 miliar pada tahun 2012, menjadikan Raja Thailand sebagai salah satu raja terkaya di dunia.

Raja Maha Vajiralongkorn telah melakukan perubahan besar urusan kerajaan sejak mengambil tahta.

Tahun lalu, undang-undang properti kerajaan diubah untuk secara resmi memberinya kontrol penuh terhadap CPB yang mengelola kepemilikan monarki bernilai miliaran dolar dan mengendalikan banyak lahan di Bangkok.

Sebelumnya, pada bulan Maret, ia menunjuk Kepala Marsekal Satitpong Sukvimol sebagai direktur jenderalnya menggantikan Chirayu Israngkun Na Ayuthaya, yang telah memegang jabatan sejak 1987.

Reuters tidak dapat mencapai istana untuk mendapatkan komentar atas perkembangan terbaru ini.

Oktober lalu, saham senilai lebih dari US$ 500 juta di Siam Commercial Bank dipindahkan ke raja. Saat ini raja terdaftar sebagai pemegang saham terbesar ketujuh bank tersebut. CPB sendiri masih terdaftar sebagai pemegang saham terbesar.




TERBARU

[X]
×