: WIB    --   
indikator  I  

Selamat ulang tahun ke-91, Ratu Elizabeth

Selamat ulang tahun ke-91, Ratu Elizabeth

LONDON. Ratu Elizabeth, salah satu pimpinan monarki tertua dan terlama di dunia, merayakan ulang tahunnya ke-91 dengan cara sederhana.

Pasukan artileri melepaskan tembakan penghormatan di Taman Hyde London dan di Menara London sebagai penanda peringatan ulang tahun ratu. Tapi, ratu, seperti biasa, menghabiskan hari ulang tahunnya secara pribadi, tanpa ada peringatan besar-besaran. 

Ratu Elizabeth lahir pada 21 April 1926 di Bruton, London. Ketika itu, Calvin Coolidge menjabat sebagai Presiden AS dan Joseph Stalin mengambil alih Uni Soviet. Elizabeth menjadi ratu pada tahun 1952, di usia 25 tahun.

Sampai saat ini, Elizabeth masih kerap melakukan tugas resmi. Meskipun mayoritas telah diserahkan pada keluarga Windsor lainnya seperti pada Pangeran Charles dan cucunya Pangeran William dan Harry. 

Polling menunjukkan, Ratu Elizabeth masih populer di kalangan warga Inggris dan pembantu kerajaan. Tahun lalu, setelah kembali dari tur ke kawasan Irlandia dan ditanya mengenai kondisinya, dia tetap bisa melontarkan humor, "ya, saya masih hidup."

Ulang tahun ratu akan dirayakan resmi pada Juni dengan parade besar tentara dari pusat London. Acara ini dikenal dengan Trooping the Colour. 


SUMBER : Reuters

INGGRIS

Feedback   ↑ x
Close [X]