: WIB    —   
indikator  I  

Seru, dokumen pajak Presiden Trump bocor ke publik

Seru, dokumen pajak Presiden Trump bocor ke publik

WASHINGTON. Tanda tanya warga Amerika Serikat mengenai nilai pajak yang dibayarkan Presiden AS Donald Trump sedikit terjawab. Berdasarkan dokumen pajak yang bocor di sejumlah media AS, Trump membayar pajak senilai US$ 38 juta dari total penghasilan mencapai US$ 150 juta pada 2005.

Dokumen yang bocor itu terdiri atas dua halaman. Namun, tidak dijelaskan secara detil atas sumber pendapatan yang didapat Trump.

Menanggapi hal ini, Gedung Putih menegaskan bahwa penyebaran informasi pembayaran pajak itu melanggar hukum.

Seperti yang diketahui, Trump melanggar tradisi presiden Amerika sebelumnya yang kerap mempublikasikan pembayaran pajak mereka saat kampanye berlangsung.

Menurutnya, pembayaran pajak merupakan wewenang otoritas pajak dan pengacaranya menyarankan agar dia tidak merilis data pembayaran pajaknya. Namun, para kritikus menilai, Trump menyembunyikan sesuatu.

Menurut sumber BBC, meski detil dari laporan yang bocor sangat sedikit, namun, hal itu dianggap signifikan karena tak banyak yang diketahui mengenai pembayaran pajak Trump. Di sisi lain, adanya informasi baru ini dapat meningkatkan tekanan kepada presiden untuk merilis data lebih banyak lagi.

Dokumen tersebut juga menunjukkan, Trump membayar pajak pendapatan federal senilai US$ 5,3 juta dan tambahan US$ 31 juta untuk melunasi pajak alternatif minimum (AMT).

AMT digulirkan lebih dari 50 tahun lalu dengan tujuan untuk menghentikan warga kaya mengurangi atau menyembunyikan hartanya dengan tujuan menghindari pajak.

Pajak senilai US$ 38 juta itu lebih tinggi 24% dari pembayaran pajak rata-rata warga AS. Namun, nilai tersebut lebih rendah dari rata-rata nilai pajak warga kaya AS yang mencapai 27,4%.

Sekadar tambahan informasi, setiap kandidat presiden AS sejak 1976 sudah merilis nilai pembayaran pajak mereka meskipun tidak ada peraturan yang mewajibkan hal tersebut. 


SUMBER : BBC

DONALD TRUMP

Feedback   ↑ x
Close [X]