kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pejabat tinggi militer AS positif terinfeksi virus corona (Covid-19)


Rabu, 07 Oktober 2020 / 11:22 WIB
Pejabat tinggi militer AS positif terinfeksi virus corona (Covid-19)
ILUSTRASI. Tentara AS. REUTERS/Brian Snyder TPX IMAGES OF THE DAY


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anggota Kepala Staf Gabungan militer Amerika Serikat telah menjalani karantina mandiri setelah orang kedua dari Penjaga Pantai dinyatakan positif mengidap virus corona setelah pertemuan tingkat atas di Pentagon pekan lalu, kata pejabat AS pada hari Selasa. Ketua Kepala Staf Gabungan, Jenderal Mark Milley, termasuk di antara mereka yang terkena dampak, kata pejabat Pentagon.

Pejabat pertahanan AS, yang berbicara tanpa menyebut nama, menekankan bahwa petinggi militer kecuali Wakil Komandan Penjaga Pantai, Laksamana Charles Ray sejauh ini semuanya dinyatakan negatif dan masih menjalankan tugasnya. Tidak ada yang menunjukkan gejala atau sejauh ini dinyatakan positif.

Juru bicara Pentagon Jonathan Hoffman mengatakan karantina para pemimpin tidak akan mempengaruhi "kesiapan operasional atau kemampuan misi Angkatan Bersenjata AS". "Pimpinan militer senior dapat tetap mampu menjalankan misi sepenuhnya dan menjalankan tugas mereka dari lokasi kerja alternatif," katanya dikutip dari Aljazeera.

Pernyataan Hoffman tidak mengidentifikasi mereka yang terkena dampak, tetapi beberapa pejabat AS mengatakan bahwa selain Milley, mereka termasuk kepala Angkatan Darat, Angkatan Laut dan Angkatan Udara, serta kepala Komando Siber AS, Jenderal Paul Nakasone.

Baca Juga: PM Malaysia dinyatakan negatif Covid-19

Para pejabat berbicara dengan syarat anonim untuk membahas informasi yang belum dipublikasikan. Risiko pengungkapan menambah rasa ketidakpastian tentang operasi di tingkat tertinggi pemerintah AS setelah Presiden Donald Trump sendiri tertular penyakit tersebut, bersama dengan staf senior Gedung Putih dan para pemimpin Republik lainnya.

Tidak diketahui bagaimana Ray tertular virus tersebut, tetapi tidak diyakini terkait dengan wabah yang memengaruhi Trump dan orang lain di Gedung Putih, kata para pejabat. Penjaga Pantai mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Ray merasakan gejala ringan selama akhir pekan dan diuji pada hari Senin. Pejabat militer lainnya diberitahu tentang tes positif Ray pada hari yang sama.

Ray menghadiri pertemuan akhir pekan lalu dengan petinggi militer AS, termasuk Kepala Staf Gabungan Milley, yang merupakan penasihat militer Trump.

Para pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa Milley mengisolasi diri, begitu pula wakil ketua Kepala Staf Gabungan dan para pemimpin militer dari Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara, dan Marinir. Penjaga Pantai mengatakan Ray akan dikarantina dari rumah.

Selanjutnya: Tak ingin kecolongan, kampanye Biden lebih ketat dalam menerapkan protokol Covid-19




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×