kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Fakta Pablo Escobar, gembong narkoba Kolombia yang mendunia


Senin, 21 September 2020 / 10:10 WIB
5 Fakta Pablo Escobar, gembong narkoba Kolombia yang mendunia
ILUSTRASI. Potret gembong narkoba Kolumbia Pablo Escobar di sebuah bar yang ada di Singapura.


Penulis: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tutup usia pada 2 Desember 1993 silam, nama Pablo Escobar hingga kini masih terus dikenang. Menariknya, Escobar merupakan gembong narkoba kelas kakap yang menjadi jaringannya sudah mendunia.

Nama besar Escobar di dunia bawah tanah sudah tidak diragukan lagi. Kisah hidupnya bahkan sempat diangkat ke beberapa judul film layar lebar.

Sebut saja Loving Pablo (2017), Escobar: Paradise Lost (2014), hingga dokumenter Countdown to Death: Pablo Escobar (2017) yang tayang di Netflix.

Sejarah Pablo Escobar masih terus dibahas hingga saat ini berkat sejumlah sisi positif yang ditunjukkannya pada masyarakat sekitar. Untuk mengenal siapa itu Pablo Escobar, berikut ini beberapa fakta menarik sang gembong narkoba.

Baca Juga: Dewi Muliaty, bos Prodia Widyahusada masuk daftar Asia's Power Businesswomen Forbes

Fakta menarik Pablo Escobar

1. Menjadi kriminal sejak remaja

Pablo Escobar merupakan anak seorang petani dan guru sekolah. Catatan Britannica menuliskan bahwa Escobar telah menjual ijazah palsu sejak masih remaja.

Bisnis ilegalnya ini kemudian berkembang ke beberapa lini. Lini mulai dari menyelundupkan peralatan stereo sampai mencuri batu nisan untuk dijual kembali.

Pada tahun 1974, saat usianya 25 tahun, Escobar untuk pertama kalinya ditangkap pihak berwajib karena mencuri sebuah mobil.

Tidak lama setelah itu, ia mulai dikenal sebagai penyelundup narkoba yang mapan. Ia juga mendirikan organisasi yang berkembang menjadi kartel Medellin.

Baca Juga: Fakta menarik Mukesh Ambani: Konglomerat minyak India, orang terkaya di Asia




TERBARU

[X]
×