CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

5 pertanyaan yang mengorek kebijakan Warren Buffett


Jumat, 23 Agustus 2019 / 08:25 WIB

5 pertanyaan yang mengorek kebijakan Warren Buffett


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett  masih dianggap sebagai salah satu investor saham terbesar yang pernah ada di dunia. Kecakapan berinvestasinya legendaris karena ia telah mengubah banyak investor pemula di Berkshire Hathaway menjadi jutawan.

Berikut pertanyaan yang mengorek isi otak si investor ulung tersebut dan kebijakan yang dibuatnya.

Apakah Anda berpikir bahwa Berkshire Hathaway akan membayar dividen?
Warren Buffett  telah lama memiliki kebijakan untuk tidak pernah membayar dividen pada saham Kelas A atau memecah saham.  Buffett berusaha untuk menjaga saham hanya untuk investor jangka panjang. Padahal, Berkshire akan lebih menarik minat masyarakat investasi jika perusahaan mulai membayar dividen. Apakah Buffett berpikir bahwa pembayaran dividen hanya dimungkinkan ketika dia berada di pucuk pimpinan Berkshire Hathaway?

Baca Juga: Buku ini yang mendorong Warren Buffett berinvestasi sejak usia 7 tahun

Di mana Anda melihat gelembung besar berikutnya terjadi?
Warren Buffett terkenal karena kemampuannya untuk memprediksikan saham dan peristiwa ekonomi. Kembali ke tahun 2003, Buffett dengan cerdik menyebut derivatif sebagai "senjata keuangan pemusnah massal".  Warren Buffett juga dengan bijak memperkirakan gelembung besar terbentuk di perumahan realestat pada 2005. Keduanya terjadi karena pasar anjlok dan banyak perusahaan di bawah pasar tersebut.  Anda dapat yakin bahwa ada gelembung yang terbentuk di beberapa pasar saat ini dan akan bagus jika ia mengambil kelas aset berikutnya yang akan meledak.  

Sudahkah Buffett menambahkan kriteria baru dalam proses pemilihan sahamnya?
Setiap investor tahu bahwa Buffett suka membeli saham yang diperdagangkan dengan diskon dari nilai sebenarnya. Dia juga penggemar perusahaan yang memiliki pendapatan kuat dan menghasilkan banyak arus kas.  Buffett mengadopsi filosofi investasinya dari  sang mentor, Benjamin Graham, dan menyesuaikan dengan kebutuhannya.  

Baca Juga: Wah, Warren Buffett malah iri kepada investor kecil

Negara apa yang merupakan pasar investasi terbaik untuk 40 tahun ke depan?
Warren Buffett membangun sebagian besar kekayaannya dengan berinvestasi di dalam negeri  saat ekonomi Amerika sedang booming. Buffett menggunakan mesin wirausaha Amerika untuk menghasilkan pengembalian tahunan lebih dari 20% selama 40 tahun. Masih ada pertumbuhan di Amerika Serikat tetapi pengembalian pasar selama 40 tahun ke depan tidak akan setinggi yang terjadi selama 40 tahun sebelumnya. Jika Buffett adalah seorang investor muda yang ingin memasuki pasar, pasar apa yang akan dia lihat? Apakah taruhan terbaik masih merupakan negara-negara besar atau apakah perusahaan-perusahaan kecil yang muncul merupakan permainan jangka panjang terbaik selama beberapa dekade mendatang?

Apa kesuksesan investasi terbesar yang pernah Anda miliki?
Buffett jujur  ketika menjelaskan kegagalannya dalam bisnis, tetapi dia sangat rendah hati ketika berbicara tentang keberhasilan investasi. Alangkah baiknya mendengar Buffett menguraikan kemenangan investasi terbesarnya dan semua detail yang terkait dengan pembelian itu. Seorang investor bisa  dengan mudah mendengar tentang pemilihan saham yang paling sukses atau akuisisi yang pernah dilakukan Warren Buffett.♦

Baca Juga: Diplomasi ukulele Warren Buffett mengubah perjalanan hidupnya

Sumber: Investopedia


Reporter: Tri Adi
Editor: Tri Adi
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0023 || diagnostic_web = 0.1882

Close [X]
×