kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Poin kesepakatan India-China untuk selesaikan kebuntuan di perbatasan Ladakh


Jumat, 11 September 2020 / 10:17 WIB
5 Poin kesepakatan India-China untuk selesaikan kebuntuan di perbatasan Ladakh
ILUSTRASI. Konflik perbatasan India-China. REUTERS/Danish Ismail


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW DELHI. India dan China telah menyetujui lima poin untuk menyelesaikan kebuntuan konflik perbatasan yang berkepanjangan di Ladakh timur. 

Melansir Times of India, kedua negara menyetujui rencana tersebut selama pembicaraan antara Menteri Luar Negeri India S Jaishankar dan mitranya dari China Wang Yi di Moskow pada Kamis (10/9/2020) malam di sela-sela pertemuan Organisasi Kerjasama Shanghai (SCO). Pertemuan itu berlangsung selama dua setengah jam.

Sementara itu, mengutip Hindustan Times, pernyataan bersama yang dikeluarkan pada Jumat pagi mengatakan para menteri luar negeri setuju bahwa kedua belah pihak harus mengambil arahan dari serangkaian konsensus para pemimpin dalam mengembangkan hubungan India-China, termasuk tidak membiarkan perbedaan menjadi perselisihan.

Mereka selanjutnya setuju, “situasi saat ini di daerah perbatasan tidak menguntungkan kepentingan kedua belah pihak. Oleh karena itu, pasukan perbatasan dari kedua belah pihak harus melanjutkan dialog mereka, segera melepaskan diri, menjaga jarak yang tepat dan meredakan ketegangan."

Baca Juga: Hubungan China-India terkait konflik di perbatasan Himalaya mulai mereda

Mereka juga sepakat bahwa kedua belah pihak akan mematuhi semua perjanjian dan protokol yang ada tentang urusan perbatasan China-India, menjaga perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan dan menghindari tindakan apa pun yang dapat meningkatkan masalah.

Kedua belah pihak akan melanjutkan komunikasi melalui mekanisme Perwakilan Khusus, dan pertemuan Mekanisme Kerja Konsultasi dan Koordinasi (WMCC) tentang urusan perbatasan akan terus berlanjut.

Baca Juga: Ini senjata baru India yang siap dipakai untuk melawan tetangga nakal

Para menteri sepakat bahwa saat situasi mereda, kedua belah pihak harus mempercepat pekerjaan untuk menyimpulkan langkah-langkah pembangunan kepercayaan baru untuk menjaga dan meningkatkan perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×