kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,33   5,73   0.58%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Bencana besar yang akan melanda dunia jika suhu bumi memanas 1,5 derajat celcius


Selasa, 05 Oktober 2021 / 08:31 WIB
6 Bencana besar yang akan melanda dunia jika suhu bumi memanas 1,5 derajat celcius
ILUSTRASI. Jika suhu Bumi memanas 1,5 derajat celcius, hal itu bisa berdampak pada bencana alam di mana-mana. REUTERS/Adrees Latif


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Jika diperhatikan, angka 1,5 derajat celsius  tidak terlihat banyak. Namun, jangan salah. Jika suhu Bumi memanas 1,5 derajat celcius, hal itu bisa berdampak pada bencana alam di mana-mana. 

Para pakar iklim mengatakan, dunia kini berpotensi menghangat 1,5 derajat celsius, berbanding kenaikan 2 derajat celsius (2C) pada abad ke-19. Bumi dengan kenaikan suhu 2C akan diikuti gelombang panas ekstrem lebih dari dua kali lipat. 

Kekurangan air akan melanda seperempat miliar lebih banyak orang lagi. 

Es di Samudra Arktik akan meleleh semuanya, tidak hanya sekali dalam satu abad, tetapi sekali setiap 10 tahun. 

Negara-negara yang menandatangani Perjanjian Paris berjanji untuk membatasi kenaikan suhu global, tetapi masih jauh dari sasaran karena sekarang saja sudah memanas 1,1 derajat celsius. 

Baca Juga: Biden Meminta Sejumlah Negara, termasuk Indonesia, Pangkas Emisi Metana

Bahkan kalaupun terpenuhi, target untuk mengurangi emisi masih akan membuat Bumi memanas hingga 2,7 derajat celsius, menurut keterangan PBB yang dikutip AFP. 

Lalu, apa saja dampak pemanasan global jika suhu Bumi memanas 1,5 derajat celsius atau lebih? 

Berikut prediksinya dari Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim (IPCC) PBB. 

1. Gelombang panas 

Suhu maksimal di beberapa daerah akan meningkat 3 derajat celsius jika iklim menghangat 1,5C, 4 derajat jika pemanasan global mencapai tanda 2C. 

Gelombang panas yang terjadi sekali dalam 10 tahun sekarang ini akan menjadi empat kali lebih sering pada tingkat 1,5C, dan hampir enam kali lebih sering pada 2C. 

Peluang periode panas ekstrem yang sekarang terjadi setiap 50 tahun sekali meningkat hampir sembilan kali lipat pada 1,5C, dan 40 kali lipat di tingkat 4C. Lebih banyak orang akan terpengaruh juga. 

Baca Juga: Gawat, Permukaan Pesisir Utara Pulau Jawa Makin Menurun

Persentase umat manusia yang terpapar gelombang panas ekstrem setidaknya sekali setiap lima tahun melonjak dari 14 persen pada 1,5C, menjadi 37 persen dengan tambahan setengah derajat celsius. 




TERBARU

[X]
×