kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Airbus menghentikan produksi pesawat A380


Kamis, 14 Februari 2019 / 18:44 WIB
Airbus menghentikan produksi pesawat A380

Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - TOULOUSE. Dicintai oleh para penumpang, namun ditakuti oleh para akuntan. Kira-kira kata-kata itu yang bisa melukiskan tentang pesawat Airbus A380. Pesawat terbesar di dunia milik Airbus itu memang terkenal dengan memanjakan para penumpangnya, namun ternyata produksi yang mahal tidak dibarengi oleh penjualan yang mumpuni.

Airbus pun harus memutuskan menghentikan produksi pesawat yang digadang-gadang bisa menyaingi Boeing 747. Airbus harus menghentikan produksi A380 pada tahun 2021 nanti. Penjualan yang terus melorot ditandai saat pemesan terbanyak Airbus yakni Emirates ternyata menurunkan jumlah pesanan. Emirates yang tadinya memesan 162 pesawat model A380 kini menurunkan pesanannya menjadi 123 pesawat.


Alhasil tak ada lagi peluang bagi Airbus untuk melanjutkan produksi pesawat jumbo ini. “Ini pesawat yang menakutkan CFO maskapai; risiko gagal menjual begitu banyak kursi terlalu tinggi, ” kata sumber senior industri dirgantara yang akrab dengan program ini seperti diberitakan Reuters.




TERBARU

Close [X]
×