Aktor Spider-Man Tom Holland Mundur dari Media Sosial, Ada Apa?

Selasa, 16 Agustus 2022 | 06:03 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Aktor Spider-Man Tom Holland Mundur dari Media Sosial, Ada Apa?

ILUSTRASI. Aktor Spider-Man Tom Holland mengatakan dirinya mundur dari media sosial.


KONTAN.CO.ID - LONDON. Aktor Spider-Man Tom Holland mengatakan dirinya mundur dari media sosial. Dia beralasan, media sosial bisa "merugikan" kesehatan mentalnya.

Melansir BBC, Holland, 26 tahun, adalah bintang muda terbaru, mengikuti sejumlah bintang lainnya seperti Selena Gomez, untuk membahas bagaimana situs seperti Twitter dan Instagram dapat memiliki efek berbahaya.

Banyak penggemar bertepuk tangan untuknya secara online, salah satunya menyebutnya "langkah cerdas".

Dalam sebuah video yang diposting online, Holland mengatakan: "Saya menemukan Instagram dan Twitter terlalu merangsang, terlalu berlebihan."

Dia menambahkan, "Saya terjebak dan saya berputar ketika saya membaca hal-hal tentang saya secara online dan pada akhirnya itu sangat merusak kondisi mental saya.

"Jadi saya memutuskan untuk mengambil langkah mundur dan menghapus aplikasi," tambahnya.

Baca Juga: Apakah Spider-Man: No Way Home akan tayang di Disney Plus?

Holland berperan sebagai pahlawan super tituler di Spider-Man: No Way Home, yang dipuji para kritikus tahun lalu saat dirilis dan sangat sukses di box office.

Dalam video yang diposting ke 67 juta pengikut Instagram-nya, Holland mengambil kesempatan untuk mempromosikan amal yang didedikasikan untuk mendorong kesehatan mental yang positif di kalangan remaja.

"Tolong luangkan waktu yang kamu butuhkan," komentar penggemar lainnya. "Hal yang paling penting adalah kesejahteraanmu."

Melansir ABC7Chicago.com, Holland, yang saat ini berkencan dengan lawan mainnya di "Spider-Man: Homecoming" Zendaya, juga menggunakan kepulangannya yang "sangat, sangat singkat" sebagai kesempatan untuk menyoroti badan amal kesehatan mental remaja Stem4, yang ia dukung melalui organisasinya The Brothers Trust.

"Ada stigma buruk terhadap kesehatan mental dan saya tahu bahwa meminta bantuan dan mencari bantuan bukanlah sesuatu yang membuat kita malu," tambahnya.

Holland lantas pamit dengan memberi tahu penggemar bahwa dia "akan menghilang dari Instagram lagi" tetapi berterima kasih kepada mereka atas "cinta dan dukungan" mereka.

Dia berkata: "Saya mencintai kalian semua dan saya akan segera berbicara dengan Anda lagi."

Baca Juga: Spider-Man: No Way Home Cetak Penjualan Pembukaan US$ 253 Juta, Tertinggi Ketiga

BBC memberitakan, Bintang pop Justin Bieber, yang sebelumnya telah berbicara tentang masalah kesehatan mentalnya sendiri, menjawab dengan: "Love you man."

Aktivitas media sosial sang aktor menjadi lebih jarang dalam beberapa bulan terakhir.

Tahun lalu, sebuah laporan dari Education Policy Institute dan The Prince's Trust menemukan bahwa kesehatan mental, kesejahteraan, dan harga diri remaja dirusak oleh penggunaan media sosial yang berlebihan.

Aktor dan penyanyi Gomez mencatat beberapa tahun lalu bahwa media sosial telah memberikan dampak "mengerikan" bagi generasinya, mendesak orang untuk menetapkan batas waktu pada aktivitas online mereka.

Bintang-bintang lain seperti Ed Sheeran, Camila Cabello dan Demi Lovato juga telah melepaskan diri dari media sosial untuk jangka waktu tertentu.

Efek dari media sosial, tampaknya, tidak hanya dirasakan oleh kaum muda, karena aktor layar dan panggung veteran Robert Lindsay juga mengumumkan pada hari Minggu bahwa ia berniat untuk menghabiskan lebih sedikit waktu di Twitter.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru