kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Alibaba panen US$ 13,36 M di Singles Day


Sabtu, 12 November 2016 / 05:36 WIB
Alibaba panen US$ 13,36 M di Singles Day


Reporter: Mona Tobing | Editor: Adi Wikanto

Shenzen. Acara Singles Day atau festival belanja online mendongkrak penjualan Alibaba Group Holding Ltd. Dalam hitungan sembilan jam, transaksi penjualan Alibaba mencapai 91,2 miliar yuan atau setara US$ 13,36 miliar.  

Raksasa e-commerce asal China ini berhasil mencetak transaksi fantastis hanya dalam hitungan jam. Satu jam setelah acara Singles Day dimulai, Alibaba berhasil mencetak nilai transaksi US$ 5 miliar. 

Nilai transaksi penjualan terus bertambah hingga mencapai US$ 13,36 miliar dalam waktu sembilan jam. Alibaba menyebut, 83% penjualan barang pada acara Singles Day dilakukan lewat smartphone dan diyakini akan terus meningkat setiap tahun. 

Pengggemar belanja daring tentu mahfum, Singles Day adalah hari belanja online dengan tawaran diskon besar yang berlangsung tiap 11 November. Acara yang telah ada sejak 2009 dirancang bagi orang yang belum memiliki pasangan untuk mengobati rasa kesendirian mereka. 

Singles Day berlangsung selama 24 jam dan selalu berhasil mendongkrak nilai transaksi Alibaba. Chief Executive Officer Alibaba Daniel Zhang mengaku puas dengan pencapaian Alibaba dalam acara hari diskon belanja tersebut. 

Menurutnya, di tengah perlambatan ekonomi global, penjualan daring telah turun 60% dari tahun lalu. Sebab, konsumen mulai jenuh dengan pasar ritel daring. Dus, nilai transaksi tersebut merupakan pencapaian yang menggembirakan bagi Alibaba. 

"Jika kembali tahun 2013, penjualan kami dalam volume barang dagangan bruto mencapai 35 miliar yuan atau setara US$ 5,14 miliar. Sekarang kami bisa mencapainya dalam waktu satu jam," ucap Zhang seperti dikutip Reuters

Sebagai informasi, penjualan volume barang dagangan bruto mengacu pada nilai barang yang dijual vendor melalui Alibaba. Nantinya, Alibaba mencetak uang yang berasal dari iklan dari vendor dan penggunaan tempat berjualan vendor di Alibaba. 

Penjualan barang paling tinggi, antara lain produk Apple seperti iPhone, Nike, Adidas, dan peralatan rumahtangga. Selain itu, ada sekitar 1.400 merek dagang yang dijajakan. 

Alibaba tidak sendirian memanfaatkan acara Singles Day sebagai cara untuk mendongkrak kinerja perusahaan. Rivalnya JD.com juga menawarkan diskon besar pada hari yang sama.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×