kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,74   5,01   0.56%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Amerika Cemas dengan Kunjungan Putin ke Korea Utara, Ini Alasannya


Rabu, 19 Juni 2024 / 08:38 WIB
Amerika Cemas dengan Kunjungan Putin ke Korea Utara, Ini Alasannya
ILUSTRASI. Pada Rabu (19/6/2024), Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Korea Utara untuk kunjungan pertamanya dalam 24 tahun. Sputnik/Alexei Nikolsky/Kremlin via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Pada Rabu (19/6/2024), Presiden Rusia Vladimir Putin tiba di Korea Utara untuk kunjungan pertamanya dalam 24 tahun. Hal ini membuat Amerika Serikat cemas. Mengapa demikian?

Melansir Reuters, kunjungan kenegaraan Putin terjadi di tengah tuduhan AS bahwa Korea Utara telah memasok lusinan rudal balistik dan lebih dari 11.000 kontainer amunisi ke Rusia. 

Seluruh senjata tersebut diduga untuk digunakan di Ukraina. 

Korea Selatan, sekutu setia AS, juga menyampaikan kekhawatiran serupa.

Gedung Putih mengatakan pada hari Senin bahwa pihaknya merasa terganggu dengan semakin dalamnya hubungan antara Rusia dan Korea Utara. 

Departemen Luar Negeri Amerika mengatakan pihaknya cukup yakin Putin tengah mencari pasokan senjata untuk mendukung perangnya di Ukraina.

Moskow dan Pyongyang membantah adanya transfer senjata. Namun kedua negara berjanji untuk meningkatkan hubungan militer, termasuk latihan militer bersama.

Rusia diperkirakan akan memproduksi amunisi lebih banyak dibandingkan aliansi militer NATO pada tahun ini.

Baca Juga: Terbang ke Korea Utara, Vladimir Putin Janji untuk Mendukung Kim Jong Un Lawan AS

Sehingga lawatan Putin kemungkinan bertujuan untuk menggarisbawahi kepada Washington betapa Moskow dapat mengganggu dalam sejumlah krisis global.

Rusia pada bulan Maret memveto pembaruan tahunan panel ahli yang memantau penegakan sanksi lama PBB terhadap Korea Utara atas program senjata nuklir dan rudal balistiknya.

Konser Gala

Kantor berita Rusia Interfax melaporkan, kunjungan Putin tersebut akan mencakup diskusi tatap muka antara kedua pemimpin, serta konser gala, resepsi kenegaraan, pengawal kehormatan, penandatanganan dokumen, dan pernyataan kepada media.

Menteri Pertahanan Rusia Andrei Belousov, Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov, menteri sumber daya alam, kesehatan, dan transportasi, kepala badan antariksa Rusia dan perkeretaapiannya, dan orang penting Putin di bidang energi, Wakil Perdana Menteri Alexander Novak, akan menjadi bagian dari delegasi.

Sementara itu, menurut citra satelit komersial, menjelang kunjungan Putin, Korea Utara tampaknya telah membuat persiapan untuk kemungkinan parade militer di pusat kota Pyongyang.

Menurut Victor Cha, mantan pejabat keamanan nasional AS yang kini bekerja di Pusat Studi Strategis dan Internasional (CSIS), KTT tersebut menghadirkan ancaman terbesar terhadap keamanan nasional AS sejak Perang Korea.

Baca Juga: Putin Berjanji akan Lakukan Perjanjian Dagang dan Keamanan dengan Korea Utara

“Hubungan ini, yang sudah lama ada dan diperkuat kembali oleh perang di Ukraina, melemahkan keamanan Eropa, Asia, dan Amerika Serikat,” tulisnya dalam sebuah laporan pada hari Senin.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×