kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Anggota Senat AS: Serangan Nuklir Rusia di Ukraina akan Menjadi Serangan Atas NATO


Rabu, 02 Agustus 2023 / 06:20 WIB
Anggota Senat AS: Serangan Nuklir Rusia di Ukraina akan Menjadi Serangan Atas NATO
ILUSTRASI. Anggota Senat AS memperingatkan bahwa serangan nuklir Rusia ke Ukraina dipandang sebagai serangan atas NATO.


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

ANCAMAN SERANGAN NUKLIR RUSIA - Senator Lindsey Graham, seorang pendukung pertahanan terkemuka Senat Republik, memperingatkan hari Senin bahwa serangan nuklir Rusia terhadap Ukraina akan dipandang sebagai serangan terhadap NATO, meskipun Ukraina bukan anggota aliansi tersebut.

Melansir The Hill, Graham menyampaikan peringatannya setelah mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengatakan Rusia "harus" menggunakan senjata nuklir jika pasukan Ukraina mengancam wilayah Rusia.

“Kepada teman-teman Rusia saya yang berbicara tentang penggunaan senjata nuklir di Ukraina: Anda perlu memahami bahwa itu akan menjadi serangan terhadap NATO itu sendiri, mengingat kedekatan Ukraina dengan wilayah NATO,” cuit Graham.

Dia menambahkan, “Saatnya untuk sadar, sadari bahwa invasi biadab Anda ke Ukraina tidak berhasil, tarik dan selamatkan banyak pemuda Rusia dari kematian yang sia-sia.”

Graham me-retweet sebuah artikel yang melaporkan tentang ancaman Medvedev.

Dia mengacu pada doktrin nuklir Rusia yang akan mengesahkan tanggapan nuklir jika wilayah Rusia terancam oleh serangan konvensional.

Graham dan Senator Richard Blumenthal memperkenalkan resolusi pada bulan Juni yang menyatakan bahwa setiap penggunaan senjata nuklir taktis oleh Rusia, Belarusia atau proksi mereka yang menyebarkan kontaminan radioaktif ke wilayah NATO akan dipandang sebagai serangan terhadap NATO.

Baca Juga: Drone Ukraina Targetkan Moskow, Bangunan Bertingkat Tinggi Dihantam

“Resolusi ini dimaksudkan untuk mengirim pesan ke Vladimir Putin dan militernya: Mereka akan dihancurkan jika mereka menggunakan senjata nuklir taktis atau jika mereka menghancurkan pembangkit nuklir dengan cara yang mengancam negara-negara NATO di sekitarnya,” kata Blumenthal saat itu.

Resolusi mereka mendesak pemerintahan Biden untuk berkonsultasi dengan sekutu NATO dan mitra Eropa untuk mengembangkan tanggapan komprehensif guna meminimalkan ancaman terhadap warga sipil yang ditimbulkan oleh serangan nuklir di Ukraina atau dekat perbatasan Eropa.

Putin mengatakan Rusia telah memindahkan beberapa senjata nuklir jarak pendeknya ke Belarus, menempatkan mereka dalam jarak serang yang lebih dekat ke Ukraina.

Baca Juga: Rusia: Perang Ukraina Bisa Memburuk Selama Masa Pemilu AS Tahun 2024




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×