kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,70   -25,03   -2.70%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Apa yang Diinginkan Putin di Ukraina? Ini Penjelasan Para Ahli


Kamis, 17 Februari 2022 / 04:40 WIB
Apa yang Diinginkan Putin di Ukraina? Ini Penjelasan Para Ahli


Sumber: Yahoo News,The New York Times | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Ancaman invasi militer baru Rusia ke Ukraina telah membuat dunia gelisah. Apalagi manuver diplomatik yang intens dilakukan oleh pemerintahan Biden dan sekutu Eropanya sejauh ini gagal membawa Moskow keluar dari pijakan perangnya.

Melansir Yahoo News, selama berbulan-bulan, Rusia telah mengumpulkan pasukan dan material di dekat perbatasannya dengan Ukraina, dengan beberapa unit tiba dari Siberia. Rusia juga baru-baru ini memulai latihan militer skala besar dengan sekutunya Belarusia, yang berbatasan dengan Ukraina dekat dengan ibukota Ukraina, Kyiv. Lebih dari 100.000 tentara Rusia sekarang mengelilingi Ukraina.

Meskipun Rusia mengumumkan bahwa mereka menarik kembali beberapa pasukan dari perbatasan Ukraina, Presiden Biden mengatakan pada hari Selasa bahwa Amerika Serikat belum secara independen memverifikasi klaim Moskow, dan menekankan bahwa serangan baru Rusia “masih sangat mungkin.”

Ini bukan pertama kalinya Rusia, di bawah Presiden Vladimir Putin, mengancam kedaulatan Ukraina. Pada tahun 2014, Rusia menginvasi, dan kemudian mencaplok, Semenanjung Krimea yang berlokasi strategis di Ukraina dan memicu pemberontakan di wilayah Donbass timur Ukraina, yang masih dikuasai sebagian oleh pasukan pro-Rusia yang memisahkan diri hingga hari ini.

Baca Juga: Rusia Rilis Video yang Tunjukkan Tank dan Artileri Tinggalkan Krimea, Dekat Ukraina

Mengingat tingginya biaya invasi Rusia, para ahli percaya itu akan menjadi konflik berdarah yang akan mengisolasi Moskow secara diplomatik dan ekonomi. Banyak orang yang bertanya-tanya mengapa Putin memilih untuk meluncurkan serangan baru.

Yahoo News berbicara dengan beberapa pakar terkemuka yang telah bekerja di intelijen AS dan keamanan nasional untuk mendapatkan penilaian mereka tentang motivasi Putin untuk berpotensi meluncurkan invasi baru ini, dan politik yang lebih luas di Rusia dan kawasan.

Para mantan pejabat ini menawarkan beragam penjelasan untuk motivasi Putin di Ukraina. 

Baca Juga: Presiden Putin: Rusia Tidak Menginginkan Perang di Eropa




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×