kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS Abstain, Dewan Keamanan PBB Keluarkan Resolusi Gencatan Senjata Segera di Gaza


Selasa, 26 Maret 2024 / 02:00 WIB
AS Abstain, Dewan Keamanan PBB Keluarkan Resolusi Gencatan Senjata Segera di Gaza
ILUSTRASI. British Representative to the United Nations Barbara Woodward and Algeria?s Representative to the United Nations Amar Bendjama vote in favour, during a vote on a Gaza resolution that demands an immediate ceasefire for the month of Ramadan leading to a permanent sustainable ceasefire, and the immediate and unconditional release of all hostages, at U.N. headquarters in New York City, U.S., March 25, 2024. REUTERS/Andrew Kelly TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: Reuters | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID -  New York dan KAIRO - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Senin (25/3) akhirnya mengadopsi resolusi yang menuntut gencatan senjata segera! Antara Israel dan pejuang kemerdekaan Palestina Hamas. Resolusi ini dicapai setelah Amerika Serikat abstain dalam pemungutan suara tersebut. Keputusan Amerika Serikat meninggalkan Israel ini tentu memicu perselisihan dengan sekutunya Israel.

Sebanyak 14 anggota dewan yang tersisa, akhirnya bulat memberikan suara untuk resolusi tersebut. Resolusi ini diusulkan oleh 10 anggota terpilih dari badan tersebut. Ada tepuk tangan meriah di ruang dewan setelah pemungutan suara.

“Resolusi ini harus dilaksanakan. Kegagalan tidak bisa dimaafkan,” tulis Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres di media sosial.

Baca Juga: Rusia dan China Memveto Resolusi Gencatan Senjata di Gaza yang Diajukan AS

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kegagalan Amerika untuk memveto resolusi tersebut merupakan “kemunduran yang jelas” dari posisi sebelumnya dan akan merugikan upaya perang Israel dan upaya Israel untuk membebaskan lebih dari 130 sandera yang masih ditahan oleh pejuang Hamas.

“Suara kami tidak demikian, dan saya ulangi bahwa hal itu tidak mewakili perubahan dalam kebijakan kami,” kata juru bicara Gedung Putih John Kirby kepada wartawan. "Tidak ada yang berubah mengenai kebijakan kami. Tidak ada."

Setelah pemungutan suara di PBB, Netanyahu membatalkan kunjungan delegasi tingkat tinggi ke Washington yang dijadwalkan untuk membahas rencana operasi militer Israel di kota Rafah di Gaza selatan, tempat sekitar 1,5 juta warga Palestina mencari perlindungan.

AS bingung dengan keputusan Israel dan menganggapnya sebagai reaksi berlebihan, kata seorang pejabat AS yang tidak mau disebutkan namanya.

Washington tidak menyetujui gencatan senjata pada awal perang yang sudah berlangsung hampir enam bulan di Jalur Gaza dan menggunakan hak vetonya untuk melindungi sekutunya, Israel, ketika mereka membalas serangan Pejuang Hamas pada 7 Oktober yang menurut Israel menewaskan 1.200 orang.

Baca Juga: AS Menentang Serangan Israel ke Rafah, Desak Gencatan Senjata di Gaza

Namun ketika kelaparan mulai terjadi di Gaza dan di tengah meningkatnya tekanan global untuk melakukan gencatan senjata dalam perang yang menurut otoritas kesehatan Palestina telah menewaskan sekitar 32.000 orang, AS pada hari Senin abstain dan mengizinkan Dewan Keamanan untuk menuntut gencatan senjata segera selama bulan puasa Ramadhan. , yang berakhir dalam dua minggu.

“Pembantaian Hamas-lah yang memulai perang ini,” kata Duta Besar Israel untuk PBB Gilad Erdan. "Resolusi yang baru saja diputuskan membuat seolah-olah perang dimulai dengan sendirinya... Israel tidak memulai perang ini, dan Israel juga tidak menginginkan perang ini."

Pekjuang Hamas menyambut baik resolusi Dewan Keamanan tersebut, dan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka “menegaskan kesiapan untuk segera melakukan pertukaran tahanan di kedua pihak.”

Baca Juga: Majelis Umum PBB Menuntut Gencatan Senjata di Gaza Segera Dilakukan

KELAPARAN SEGERA

Duta Besar Amerika untuk PBB Linda Thomas-Greenfield mengatakan Amerika sepenuhnya mendukung “beberapa tujuan penting dalam resolusi tidak mengikat ini,” namun menambahkan bahwa Washington tidak setuju dengan semua isi resolusi tersebut, dan juga tidak mengutuk Hamas.

Duta Besar Tiongkok untuk PBB Zhang Jun mengatakan resolusi Dewan Keamanan bersifat mengikat.

“Bagi jutaan orang di Gaza, yang masih terperosok dalam bencana kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, resolusi ini – jika diterapkan secara penuh dan efektif – masih bisa membawa harapan yang telah lama ditunggu-tunggu,” katanya kepada dewan.

Wakil juru bicara PBB Farhan Haq mengatakan resolusi Dewan Keamanan adalah hukum internasional, "sehingga resolusi tersebut mengikat seperti halnya hukum internasional."

Baca Juga: Lagi-Lagi, Dewan Keamanan PBB Serukan Jeda Kemanusiaan Perang Gaza

Namun, jika tidak ada gencatan senjata di Gaza, kecil kemungkinan Dewan Keamanan akan mengambil tindakan lebih lanjut.

Resolusi tersebut juga menuntut pembebasan segera dan tanpa syarat seluruh sandera. Israel menuduh Pejuang Hamas menyandera 253 orang dalam serangannya pada 7 Oktober.

“Kami yakin penting bagi dewan untuk bersuara dan menjelaskan bahwa gencatan senjata harus dilakukan dengan pembebasan semua sandera,” kata Thomas-Greenfield kepada dewan. “Gencatan senjata bisa segera dimulai dengan pembebasan sandera pertama, jadi kita harus memberikan tekanan pada Hamas untuk melakukan hal itu.”

Resolusi tersebut juga “menekankan kebutuhan mendesak untuk memperluas aliran bantuan kemanusiaan dan memperkuat perlindungan warga sipil di seluruh Jalur Gaza dan menegaskan kembali tuntutannya untuk menghilangkan semua hambatan terhadap penyediaan bantuan kemanusiaan dalam skala besar.”

Baca Juga: Veto Amerika Menolak Resolusi Penghentian Perang di Gaza, Ini Seruan Sekjen PBB

Guterres mendesak Israel pada hari Senin untuk menghilangkan semua hambatan bantuan ke Gaza dan mengizinkan konvoi badan pengungsi Palestina PBB UNRWA ke utara wilayah pesisir tersebut.

Kelaparan akan segera terjadi dan kemungkinan besar akan terjadi pada bulan Mei di bagian utara Gaza dan dapat menyebar ke seluruh wilayah kantong tersebut pada bulan Juli, menurut laporan yang didukung oleh PBB oleh otoritas global mengenai ketahanan pangan yang dirilis minggu lalu.

Pengungsi Palestina di Rafah berharap gencatan senjata akan dilaksanakan.

“Kami berharap kali ini akan ada gencatan senjata sehingga keadaan menjadi tenang dan orang-orang dapat kembali ke rumah mereka – cukup banyak pertumpahan darah, kehancuran, martir, dan kematian,” kata Wafaa Al-Deais kepada Reuters sambil membuat teh di atas api. di luar tenda.

AS telah memveto tiga rancangan resolusi dewan mengenai perang di Gaza. Sebelumnya mereka juga abstain sebanyak dua kali, sehingga memungkinkan dewan untuk mengadopsi resolusi yang bertujuan untuk meningkatkan bantuan ke Gaza dan menyerukan jeda yang lebih lama dalam pertempuran.

Rusia dan China juga telah memveto dua rancangan resolusi AS mengenai konflik tersebut – pada bulan Oktober dan pada hari Jumat.

“Ini pasti menjadi titik balik,” kata utusan Palestina untuk PBB, Riyad Mansour, kepada Dewan Keamanan setelah pemungutan suara pada hari Senin. "Ini harus menyelamatkan nyawa di lapangan."




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×