kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

AS berharap dapat memulai vaksinasi Covid-19 pertengahan bulan Desember 2020


Senin, 23 November 2020 / 09:19 WIB
AS berharap dapat memulai vaksinasi Covid-19 pertengahan bulan Desember 2020
ILUSTRASI. Corona di Amerika Serikat. REUTERS/Brendan McDermid


Sumber: Arab News | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Amerika Serikat berharap dapat memulai vaksinasi virus korona pada awal Desember, seorang pejabat tinggi kesehatan pemerintah mengatakan Minggu. Berita positif terbaru muncul bahkan ketika kasus melonjak di negara yang paling parah terkena dan di tempat lain di seluruh dunia.

Awal vaksinasi bisa menjadi perubahan penting dalam pertempuran melawan virus yang telah merenggut lebih dari 1,4 juta nyawa di seluruh dunia, termasuk 255.000 hanya di AS, sejak muncul dari China akhir tahun lalu.

Sejumlah hasil positif dari vaksin telah meningkatkan harapan untuk diakhirinya pandemi karena meningkatnya kasus yang memaksa negara-negara untuk memberlakukan kembali pembatasan dan penguncian yang memperlambat penyebaran awal tahun ini tetapi membalikkan kehidupan dan ekonomi di seluruh dunia.

Dua kandidat vaksin terkemuka, satu oleh Pfizer dan mitra Jerman BioNTech dan satu lagi oleh perusahaan AS Moderna, telah terbukti 95 persen efektif dan Pfizer sudah mengajukan permohonan izin penggunaan darurat dari otoritas kesehatan AS.

"Rencana kami adalah untuk dapat mengirimkan vaksin ke lokasi imunisasi dalam waktu 24 jam setelah persetujuan" Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, kata Moncef Slaoui, kepala penasihat ilmiah untuk "Operation Warp Speed" program vaksin pemerintah AS kepada CNN, menunjuk kemungkinan tanggal 11-12 Desember.

Penasihat vaksin FDA dilaporkan akan bertemu 10 Desember untuk membahas vaksin yang disetujui. Slaoui memperkirakan bahwa 20 juta orang di seluruh AS dapat divaksinasi pada bulan Desember, dengan 30 juta per bulan setelahnya.

Baca Juga: Brasil menandatangani letter of intent untuk membeli lima vaksin COVID-19

Regulator obat AS pada hari Sabtu telah memberikan persetujuan darurat untuk terapi antibodi Covid-19 yang digunakan oleh Presiden AS Donald Trump dan negara-negara G20 mendorong akses global yang "adil" ke vaksin dengan kekhawatiran negara-negara miskin akan tertinggal.

Dengan kasus melebihi 12 juta di Amerika Serikat, yang tertinggi di dunia, banyak orang Amerika masih menuju ke bandara untuk melakukan perjalanan untuk liburan Thanksgiving minggu depan meskipun pejabat kesehatan memperingatkan untuk tinggal di rumah.

Beberapa negara bagian AS memberlakukan pembatasan baru, termasuk California, di mana jam malam pukul 10 malam hingga 5 pagi mulai berlaku. Kota New York telah menutup sekolah lagi.

Di seberang Atlantik, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson berencana untuk mengumumkan bahwa pembatasan di seluruh Inggris akan berakhir pada 2 Desember sesuai rencana, kata kantornya.

Tetapi penguncian akan diikuti oleh kembalinya ke rangkaian pembatasan regional tiga tingkat. Inggris telah mencatat lebih dari 54.000 kematian dari 1,4 juta kasus.

Selanjutnya: G20 Riyadh: Para pemimpin menjanjikan distribusi vaksin COVID-19 global yang adil




TERBARU

[X]
×