kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.404.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.245
  • IDX 7.314   -8,12   -0,11%
  • KOMPAS100 1.146   -0,08   -0,01%
  • LQ45 923   0,02   0,00%
  • ISSI 219   1,20   0,55%
  • IDX30 461   -1,29   -0,28%
  • IDXHIDIV20 553   -2,77   -0,50%
  • IDX80 129   0,20   0,16%
  • IDXV30 130   -1,13   -0,86%
  • IDXQ30 155   -0,81   -0,52%

Badai Beryl Tewaskan Tiga Orang di Texas, Listrik Padam


Selasa, 09 Juli 2024 / 05:59 WIB
Badai Beryl Tewaskan Tiga Orang di Texas, Listrik Padam
ILUSTRASI. People enjoy the beach ahead of the arrival of Hurricane Beryl, in Cancun, Mexico July 4, 2024. REUTERS/Paola Chiomante


Sumber: Reuters | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - Badai Tropis Beryl membawa angin kencang dan hujan deras ke Texas tenggara pada hari Senin (8/7). Menewaskan setidaknya tiga orang, membanjiri jalan raya, menutup pelabuhan minyak, membatalkan lebih dari 1.000 penerbangan, dan memutus aliran listrik ke lebih dari 2,5 juta rumah dan bisnis.

Beryl, badai Kategori 5 paling awal musim ini, melemah dari badai setelah menghantam kota pesisir Texas, Matagorda, dengan gelombang badai dan hujan deras sebelum bergerak melintasi Houston, kata Pusat Badai Nasional AS (NHC).

NHC juga menyatakan bahwa kondisi tersebut dapat memicu tornado di Texas, Louisiana, dan Arkansas.

Badai ini, yang diperkirakan akan melemah dengan cepat saat bergerak ke daratan, menghancurkan jalur melalui Jamaika, Grenada, dan St. Vincent dan Grenadines minggu lalu. Ini telah menewaskan setidaknya 12 orang di Karibia dan Texas.

Di Texas, seorang pria berusia 53 tahun dan seorang wanita berusia 74 tahun tewas dalam dua insiden akibat pohon yang tumbang di rumah mereka di daerah Houston pada hari Senin. Orang ketiga tenggelam, menurut pejabat setempat.

Baca Juga: MARKET GLOBAL- Indeks Saham Global Stagnan, Investor Menunggu Powell dan Inflasi

Aktivitas penyulingan minyak melambat dan beberapa situs produksi dievakuasi di negara bagian yang merupakan produsen minyak dan gas alam terbesar di AS.

"Gelombang badai yang mengancam jiwa dan hujan deras sedang berlangsung di beberapa bagian Texas. Angin yang merusak sedang terjadi di sepanjang pantai, dengan angin kencang bergerak ke daratan," kata NHC bahkan saat Beryl mulai kehilangan kekuatannya.

Setelah peringatan bahwa ini bisa menjadi badai mematikan bagi komunitas yang dilaluinya, penduduk bergegas menutup jendela dengan papan dan menyimpan bahan bakar serta persediaan penting lainnya.

Sebelum fajar, angin kencang dan hujan deras menghantam kota-kota seperti Galveston, Sargent, Lake Jackson, dan Freeport, seperti yang ditunjukkan dalam rekaman televisi.

Menjelang siang, banyak pohon tumbang yang memblokir jalan di Houston saat badai terburuk berlalu, dengan angin yang masih bertahan dan beberapa banjir jalanan yang membuat jalur di jalan raya utama tidak bisa dilewati. Kota ini menghalangi area yang terkena banjir.

Dalam video yang diposting di media sosial oleh stasiun lokal ABC Houston, tim penyelamat menggunakan jaket pelampung dan truk pemadam kebakaran dengan tangga untuk menyelamatkan seorang pria dari truk di jalan bebas hambatan yang tergenang air.

Baca Juga: Oil Slips as Gaza Talks Ease Supply Disruption Woes; Hurricane Beryl in Focus

Dalam konferensi pers pada pagi hari, Walikota Houston John Whitmire mendesak orang-orang untuk berlindung di tempat. Dia mencatat bahwa ketinggian air banjir telah melebihi 10 inci (25 cm) di sebagian besar kota.

"Kami benar-benar mendapatkan panggilan dari seluruh Houston sekarang yang meminta penanggap pertama untuk menyelamatkan individu dalam kondisi darurat yang mengancam nyawa," kata Whitmire.

Badai ini telah menguat menjadi badai Kategori 1 saat melintasi perairan hangat Teluk Meksiko sebelum mendarat.

Namun NHC mengatakan badai ini diperkirakan akan melemah dengan cepat menjadi depresi tropis saat bergerak melintasi daratan, seperti yang biasanya terjadi pada badai.

Beryl diperkirakan akan menjadi siklon pasca-tropis pada hari Selasa dan diperkirakan akan menghantam Oklahoma, Arkansas, dan Missouri dengan hujan lebat.

Badai ini diperkirakan akan melintasi bagian timur Texas sepanjang hari sebelum bergerak ke Lembah Sungai Mississippi Bawah dan Lembah Ohio pada hari Selasa dan Rabu, kata NHC.

"Orang-orang yang berada di jalur Beryl tidak boleh lengah minggu ini," kata Accuweather dalam sebuah pernyataan, memperingatkan kemungkinan tornado sejauh Ohio dan kemungkinan banjir bandang sejauh utara Detroit.

Presiden Joe Biden secara teratur mendapatkan pembaruan tentang badai ini sementara pejabat administrasi tetap berhubungan erat dengan rekan-rekan di negara bagian dan lokal, kata seorang pejabat Gedung Putih.

Baca Juga: Pelabuhan Terbesar di Texas Tutup saat Badai Tropis Beryl Mendekat

Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) dan Penjaga Pantai AS telah menempatkan staf untuk membantu upaya pencarian dan penyelamatan.

FEMA juga menyiapkan air, makanan, dan generator untuk meningkatkan upaya tanggapan lokal, menurut pemerintahan Biden.

Sekolah-sekolah mengumumkan penutupan saat badai mendekat. Maskapai penerbangan membatalkan lebih dari 1.300 penerbangan, dan pejabat memerintahkan evakuasi di beberapa kota pantai.

Bisnis kecil di Houston, termasuk layanan pengiriman paket dan ahli tulang, menunda pembukaan atau ditutup pada hari Senin.

Lebih dari 2 juta rumah dan bisnis di Texas kehilangan listrik, menurut data utilitas lokal dan PowerOutage.us.

Beberapa kabupaten di tenggara Texas — termasuk Houston, tempat banyak perusahaan energi AS berkantor pusat — berada di bawah peringatan banjir bandang karena badai petir menyebabkan hujan hingga hampir 12 inci (30 cm) di beberapa daerah.

Baca Juga: Badai Beryl Menuju Texas, Corpus Christi Menutup Pelabuhannya

Penduduk Gary Short mengatakan, dia paling khawatir tentang kemungkinan banjir, yang diperingatkan NHC akan terjadi di beberapa bagian Texas hingga Senin malam.

"Saya lebih khawatir tentang hujan daripada apa pun," katanya saat mengisi bahan bakar di sebuah stasiun layanan pada hari Minggu. "Selain itu, tidak terlalu khawatir. Hanya bersiap-siap."

Penutupan pelabuhan pengiriman minyak utama di sekitar Corpus Christi, Galveston, dan Houston menjelang badai dapat mengganggu ekspor minyak mentah, serta pengiriman minyak mentah ke kilang dan bahan bakar motor dari pabrik-pabrik.

Kanal Pengiriman Corpus Christi telah dibuka kembali, sementara Pelabuhan Houston diperkirakan akan melanjutkan operasinya pada Selasa sore.

Beberapa produsen minyak, termasuk Shell dan Chevron, mengevakuasi personel dari platform produksi lepas pantai Teluk Meksiko mereka sebelum badai.

Kilang Marathon Petroleum Corp di Texas City, Texas terkena pemadaman listrik pada hari Senin di tengah badai, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan.




TERBARU
Kontan Academy
[ntensive Boothcamp] Business Intelligent with Ms Excel Pre-IPO : Explained

[X]
×