kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Badai Beryl Menghantam Karibia, Ciptakan Hujan Lebat, Banjir dan Gelombang Tinggi


Minggu, 30 Juni 2024 / 18:30 WIB
Badai Beryl Menghantam Karibia, Ciptakan Hujan Lebat, Banjir dan Gelombang Tinggi
ILUSTRASI. Sebagian besar wilayah Karibia tenggara berada dalam keadaan siaga pada hari Minggu (30/6) saat Badai Beryl menguat. ANTARA FOTO/Rahmad/aww.


Sumber: Channelnewsasia.com,AFP | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BRIDGETOWN. Sebagian besar wilayah Karibia tenggara berada dalam keadaan siaga pada hari Minggu (30/6) saat Badai Beryl menguat menjadi badai pertama di musim Atlantik 2024, dengan peramal cuaca memperingatkan bahwa badai ini akan segera menjadi badai besar.

Pusat Badai Nasional AS (NHC) menyatakan Beryl yang saat ini bergerak di Samudra Atlantik sekitar 850 km sebelah timur Barbados diperkirakan akan membawa angin dan gelombang badai yang mengancam jiwa saat mencapai Kepulauan Windward pada Senin pagi.

Memperingatkan bahwa badai ini semakin kuat, NHC memprediksi badai tersebut akan menjadi badai besar yang berbahaya saat menghantam komunitas Karibia.

Barbados, St Lucia, St Vincent dan Grenadines, serta Grenada berada di bawah peringatan badai, sementara peringatan badai tropis atau pengawasan diberlakukan untuk Martinik, Tobago, dan Dominika, kata NHC dalam peringatan terbarunya.

Baca Juga: La Nina Diramal Muncul Juni 2024, Ini Dampaknya Bagi Indonesia

Mobil-mobil terlihat berjejer di pom bensin di ibu kota Barbados, Bridgetown, sementara supermarket dan toko-toko kelontong penuh sesak dengan pembeli yang membeli makanan, air, dan persediaan lainnya. Beberapa rumah tangga sudah mengungsi ke rumah mereka.

Badai besar dianggap sebagai Kategori 3 atau lebih tinggi pada skala Saffir-Simpson, dengan kecepatan angin setidaknya 179 km/jam.

Badai sekuat ini yang terbentuk pada awal musim badai Atlantik yang berlangsung dari awal Juni hingga akhir November sangat jarang terjadi, kata para ahli.

"Hanya lima badai besar (Kategori 3+) yang tercatat di Atlantik sebelum minggu pertama bulan Juli. Beryl akan menjadi badai keenam dan yang paling awal di Atlantik tropis," kata pakar badai Michael Lowry di platform media sosial X.

NHC mengatakan bahwa pada pukul 2 pagi hari Minggu, angin maksimum Beryl yang berkelanjutan telah meningkat menjadi hampir 145 km/jam dengan hembusan yang lebih tinggi.

"Kondisi badai diperkirakan akan terjadi di area peringatan badai mulai Senin pagi," katanya, memperingatkan akan adanya hujan lebat, banjir dan gelombang badai yang dapat meningkatkan ketinggian air hingga 2,1 meter di atas normal.

"Kerusakan angin yang menghancurkan diperkirakan akan terjadi ketika mata angin Beryl bergerak melalui beberapa bagian Kepulauan Windward," kata NHC, yang mengindikasikan kecepatan angin di beberapa lokasi dapat mencapai 30 persen lebih kuat daripada yang tercantum dalam peringatan mereka.

Baca Juga: Badai Petir Timbulkan Tornado Tewaskan 21 Orang di 4 Negara Bagian AS

Skala angin Saffir-Simpson menetapkan badai Kategori 1 memiliki kecepatan angin setidaknya 119 km/jam, hingga badai Kategori 5 dengan kecepatan angin 253 km/jam atau lebih tinggi.

Badan Kelautan dan Atmosfer Nasional AS mengatakan pada akhir Mei bahwa mereka memperkirakan tahun ini akan menjadi musim badai yang luar biasa dengan tujuh badai Kategori 3 atau lebih tinggi.

Badan ini mengutip suhu samudra Atlantik yang hangat dan kondisi yang berkaitan dengan fenomena cuaca La Nina di Pasifik sebagai penyebab meningkatnya badai.

Peristiwa cuaca ekstrem termasuk badai telah menjadi lebih sering terjadi dan lebih dahsyat dalam beberapa tahun terakhir sebagai akibat dari perubahan iklim.

Selanjutnya: Dari Aspal ke Layar: JNE Rangkul Kurir Menjadi Konten Kreator

Menarik Dibaca: Ini Lo Penyebab Banyak Laba-laba di Rumah Moms!




TERBARU

[X]
×