kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Balas ancaman tarif Gedung Putih, China bisa melakukan hal ini kepada AS...


Kamis, 07 Mei 2020 / 08:22 WIB
Balas ancaman tarif Gedung Putih, China bisa melakukan hal ini kepada AS...
ILUSTRASI. Ilustrasi perang dagang Amerika dan China. KONTAN/Fransiskus Simbolon/16/05/2019


Sumber: South China Morning Post | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Hubungan AS dengan China semakin memanas terkait asal usul virus corona. Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengancam akan memberlakukan tarif atas barang-barang China. Terkait hal itu, sejumlah analis menilai, China mungkin bisa membalas ancaman AS. Yakni, dengan mengurangi kepemilikannya atas surat utang AS dalam beberapa bulan mendatang.  

Melansir South China Morning Post, laporan-laporan berita AS mengindikasikan bahwa para pejabat Gedung Putih telah memperdebatkan beberapa langkah untuk mengimbangi biaya wabah virus corona, termasuk membatalkan sebagian atau seluruh hutang hampir US$ 1,1 triliun yang ditanggung pemerintah Amerika Serikat kepada Tiongkok.

Baca Juga: China minta AS: Tangani urusan dalam negeri dengan benar lebih dulu

Sementara, analis mengatakan, AS sangat tidak mungkin untuk mengambil "opsi nuklir", fakta bahwa gagasan tersebut telah dibahas dapat mendorong Beijing untuk berusaha melindungi diri dari risiko dengan mengurangi kepemilikan utang pemerintah AS.

Hal itu, pada gilirannya, bisa menimbulkan masalah bagi pasar obligasi pemerintah AS di mana pada saat yang sama, Washington secara signifikan meningkatkan penerbitan baru untuk membayar serangkaian program untuk memerangi pandemi dan kerusakan ekonomi yang ditimbulkannya.

Baca Juga: Balas Menlu AS, China: Pompeo tidak punya bukti virus corona dari Wuhan

"Ini adalah ide yang gila bahwa siapa pun yang membuatnya harus benar-benar fit untuk dipertimbangkan kembali," kata Cliff Tan, kepala penelitian pasar global Asia Timur di MUFG Bank. "Kami melihat ini sebagai taktik politik untuk pemilihan ulang (Donald Trump) karena itu akan menghancurkan pembiayaan defisit anggaran federal AS."

Diskusi tentang hubungan keuangan China dengan pemerintah AS terjadi ketika Trump dan pejabat Amerika lainnya telah meningkatkan kritik mereka terhadap Beijing atas wabah virus corona dan mengancam tarif impor baru untuk menghukum China.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×