kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Bank Sentral Eropa Pangkas Suku Bunga karena Pertumbuhan Ekonomi Melambat


Kamis, 12 September 2024 / 20:11 WIB
Bank Sentral Eropa Pangkas Suku Bunga karena Pertumbuhan Ekonomi Melambat
ILUSTRASI. Bank Sentral Eropa memangkas suku bunga lagi pada hari Kamis (12//9) karena inflasi dan pertumbuhan ekonomi melambat.REUTERS/Ralph Orlowski//File Photo


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - FRANKFURT. Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) memangkas suku bunga lagi pada hari Kamis (12//9) karena inflasi melambat dan pertumbuhan ekonomi goyah.

Mengutip Reuters, Kamis (12/9), ECB menurunkan suku bunga simpanannya sebesar 25 basis poin menjadi 3,50%, menindaklanjuti pemotongan serupa pada bulan Juni karena inflasi kini hampir mencapai target 2% dan ekonomi domestik hampir mengalami resesi.

Dengan pemangkasan yang sudah diperkirakan sebelumnya, perhatian investor telah beralih ke apa yang akan terjadi selanjutnya, tetapi ECB tidak memberikan keterangan apa pun karena tetap berpegang pada arahannya bahwa keputusan akan diambil dari pertemuan ke pertemuan, tanpa komitmen awal terhadap jalur suku bunga tertentu.

Baca Juga: ECB to Cut Interest Rates as Growth Dwindles, Outlook Unclear

"Dewan Pengurus akan terus mengikuti pendekatan yang bergantung pada data dan dari pertemuan ke pertemuan untuk menentukan tingkat dan durasi pembatasan yang tepat," kata ECB dalam sebuah pernyataan. 

"Dewan Pengurus tidak berkomitmen awal terhadap jalur suku bunga tertentu."

Perhatian investor kini beralih ke konferensi pers Presiden ECB Christine Lagarde pukul 12.45 GMT, di mana ia akan ditanyai tentang prospek suku bunga dan bagaimana penurunan suku bunga yang diharapkan oleh Federal Reserve AS dapat memengaruhi ECB.

Para ekonom berpendapat bahwa yang paling bisa dilakukannya adalah tetap membuka peluang untuk pemangkasan suku bunga berikutnya pada bulan Oktober dengan mengatakan bahwa semua pertemuan, termasuk yang berikutnya, "langsung berlangsung".

"Inflasi domestik tetap tinggi karena upah masih meningkat dengan kecepatan tinggi," kata ECB. 

"Namun, tekanan biaya tenaga kerja mulai mereda, dan laba sebagian meredam dampak upah yang lebih tinggi terhadap inflasi."

Baca Juga: Prospek Penurunan Suku Bunga The Fed dan Dampaknya pada Pasar Saham Global

Para pembuat kebijakan ECB yang lebih dovish, terutama dari selatan zona euro, berpendapat bahwa risiko resesi meningkat dan suku bunga ECB yang tinggi kini membatasi pertumbuhan jauh lebih dari yang dibutuhkan, sehingga meningkatkan risiko inflasi dapat melampaui target.

Namun, para petinggi yang waspada terhadap inflasi, yang masih menjadi mayoritas, mengatakan pasar tenaga kerja masih terlalu panas bagi ECB untuk berdiam diri, dan bahwa tekanan harga yang mendasarinya, sebagaimana dibuktikan oleh biaya layanan yang membandel, meningkatkan risiko inflasi dapat melonjak lagi.

Perkiraan Baru

Perkiraan ekonomi baru tidak banyak membantu menyelesaikan perdebatan.

Proyeksi triwulanan dari staf ECB menunjukkan bahwa pertumbuhan tahun ini akan sedikit lebih rendah dari perkiraan pada bulan Juni sementara inflasi masih terlihat kembali pada target pada paruh kedua tahun depan.

Itu berarti sedikit atau tidak ada pembuat kebijakan yang mungkin menentang pelonggaran lebih lanjut, dengan perbedaan utama adalah seberapa cepat ECB harus bergerak.

Pembuat kebijakan yang cenderung agresif telah menjelaskan bahwa mereka melihat pemotongan suku bunga triwulanan sebagai hal yang tepat, karena indikator pertumbuhan dan upah utama - yang menginformasikan proyeksi ECB sendiri - disusun setiap tiga bulan.

Investor juga terbagi, dengan pemotongan lain pada bulan Desember yang sepenuhnya diperhitungkan dalam pasar keuangan tetapi peluang pergerakan sementara pada bulan Oktober berfluktuasi antara 30% dan 50%.

Pemangkasan Suku Bunga Teknis

Dengan pergerakan hari Kamis, suku bunga deposito ECB akan turun 25 basis poin menjadi 3,5%. Namun, suku bunga pembiayaan kembali dipotong 60 basis poin yang jauh lebih besar menjadi 3,65% dalam penyesuaian teknis yang telah lama digembar-gemborkan.

Kesenjangan antara kedua suku bunga tersebut telah ditetapkan pada 50 basis poin sejak September 2019, ketika ECB memompa stimulus ke dalam perekonomian untuk menghindari ancaman deflasi.

Pada bulan Maret, ECB mengumumkan rencana untuk mempersempit koridor menjadi 15 basis poin dari pertemuan hari Kamis, untuk mendorong kembalinya pinjaman antar bank.

Baca Juga: Aktivitas Bisnis Eropa Naik Berkat Olimpiade

Kebangkitan seperti itu masih jauh dari kenyataan, jadi langkah ECB merupakan penyesuaian awal dari kerangka operasinya.

Untuk saat ini, bank-bank memiliki likuiditas berlebih sebesar 3 triliun euro yang mereka simpan di ECB dalam semalam, yang menjadikan suku bunga simpanan sebagai instrumen kebijakan utamanya.

Seiring waktu, likuiditas ini akan berkurang, mendorong bank untuk meminjam lagi dari ECB pada suku bunga pembiayaan kembali, yang secara tradisional merupakan suku bunga acuan bank sentral.

Setelah itu terjadi, suku bunga utama akan kembali menjadi status utamanya, sementara koridor suku bunga yang lebih sempit akan membantu ECB mengelola suku bunga pasar dengan lebih baik.

Suku bunga pinjaman marjinal, instrumen yang jarang digunakan, juga dipotong sebesar 60 basis poin menjadi 3,90%.

Selanjutnya: Spin-off Bisnis Batubara, Begini Prospek Kinerja dan Rekomendasi Saham Adaro (ADRO)

Menarik Dibaca: Musim Bunga Liar di Australia Barat, Ini Berbagai Opsi Kegiatan yang Bisa Dilakukan




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×