kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bashar al Assad memuji kehadiran militer Rusia di Suriah: Mereka sangat membantu


Senin, 05 Oktober 2020 / 11:38 WIB
Bashar al Assad memuji kehadiran militer Rusia di Suriah: Mereka sangat membantu
ILUSTRASI. Presiden Suriah Bashar al Assad secara terbuka memuji kehadiran militer Rusia di negaranya.


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - DAMASKUS. Presiden Suriah Bashar al Assad secara terbuka memuji kehadiran militer Rusia di negaranya. Ia mengungkap bahwa tentara Rusia mampu membantu melawan pengaruh kekuatan Barat.

Dalam wawancaranya dengan media Rusia, Zvezda, Assad mengatakan dua pangkalan utama Rusia penting untuk melawan kehadiran militer Barat di wilayah tersebut.

"Keseimbangan militer global memerlukan peran Rusia, hal ini membutuhkan pangkalan militer Rusia. Kita (Suriah) mendapatkan manfaat dari ini," ungkap Assad kepada Saluran TV Kementerian Pertahanan Rusia Zvezda yang dikutip Reuters.

Di samping pangkalan Hmeimim, Rusia juga mengontrol fasilitas angkatan laut Tartus di Suriah. Pangkalan angkatan laut tersebut juga menjadi satu-satunya pangkalan laut di Mediterania sejak era Uni Soviet.

Baca Juga: Jika syarat ini dipenuhi, Azerbaijan bersedia lakukan gencatan senjata

Rusia telah menempatkan pasukannya di Suriah sejak tahun 2015 silam. Kehadirannya mulai diperkuat pada tahun 2017 menyusul kesepakatan kedua negara yang dicapai di Damaskus.

Sebuah dokumen pemerintah Rusia yang diterbitkan Agustus lalu menunjukkan bahwa pihak berwenang Suriah telah setuju untuk memberi Rusia tambahan tanah dan perairan pesisir untuk memperluas pangkalan udara militernya di Hmeimim.

Assad mengakui bahwa sebelum kehadiran militer Rusia, militer Suriah menghadapi situasi berbahaya melawan pihak oposisi bersenjata, yang diduga secara langsung didanai oleh AS dan kekuatan Barat lainnya, termasuk Qatar dan Arab Saudi.

Rusia klaim operasi militernya di Suriah sukses

Dalam rangka memperingati 5 tahun masa operasi militer Rusia di Suriah, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu percaya diri bahwa hal tersebut memberikan pengalaman berarti pada para prajurit.

Baca Juga: Hari ini dalam sejarah: Perang Irak-Iran pecah, jadi perang terlama di era modern




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×