kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Biden Kecewa Berat Xi Jinping Tidak Akan Menghadiri KTT G20 di India


Senin, 04 September 2023 / 06:53 WIB
Biden Kecewa Berat Xi Jinping Tidak Akan Menghadiri KTT G20 di India
ILUSTRASI. Joe Biden mengatakan bahwa dia kecewa karena Xi Jinping tidak menghadiri KTT G20 di India. JIM WATSON/Pool via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Pada Minggu (3/9/2023), Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa dia kecewa berat karena Presiden China Xi Jinping tidak menghadiri pertemuan puncak para pemimpin G20 di India. Namun Bideb menambahkan bahwa dia akan segera bertemu dengan Xi.

"Saya kecewa...tapi saya akan menemuinya," kata Biden kepada wartawan di Pantai Rehoboth, Delaware, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Mengutip Reuters, Biden akan mengunjungi India pada 7-10 September 2023 untuk menghadiri pertemuan puncak negara-negara Kelompok 20, diikuti dengan perjalanan ke Vietnam. Langkah ini dilakukan ketika pemerintahannya berupaya memperkuat hubungan AS di Asia.

Xi kemungkinan besar tidak akan menghadiri pertemuan puncak G20 di India. Perdana Menteri China Li Qiang diperkirakan akan mewakili Beijing pada pertemuan di New Delhi, kata sumber yang mengetahui masalah tersebut kepada Reuters.

Ketika ditanya apakah dia menantikan perjalanannya, Biden menjawab, "Ya, saya menantikannya."

"Saya ingin lebih banyak...koordinasi. Saya pikir mereka berdua (India dan Vietnam) menginginkan hubungan yang lebih dekat dengan Amerika Serikat dan itu bisa sangat membantu," kata Biden.

Baca Juga: Xi Jinping: Tiongkok Akan Perluas Akses Pasar di Industri Jasa

Prediksi analis

Mengutip Reuters, menurut beberapa analis, absennya Xi juga bisa menjadi pukulan bagi tuan rumah India, yang melihatnya sebagai sinyal bahwa China enggan memberikan pengaruh kepada negara tetangganya di wilayah selatan, yang merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di tengah perlambatan perekonomian China.

Menurut laporan dari Kyodo, Li juga kemungkinan akan menghadiri pertemuan puncak para pemimpin Asia Timur dan Tenggara di Jakarta, Indonesia pada 5-7 September. 

KTT di India dipandang sebagai tempat kemungkinan pertemuan antara Xi dan Biden, yang telah mengonfirmasi kehadirannya, ketika kedua negara adidaya berupaya menstabilkan hubungan yang memburuk akibat ketegangan perdagangan dan geopolitik. 

Baca Juga: Pembukaan G20 TIMM, Mendag Zulkifli Hasan: G20 Harus Hasilkan Aksi Nyata

Xi terakhir kali bertemu Biden di sela-sela KTT G20 di Bali, Indonesia pada November lalu.




TERBARU

[X]
×